Ratusan Pelanggar Terjaring Operasi Yustisi Satgas Covid-19 Kota Jayapura

Metro Merauke – Sebanyak 104 pelanggar terjaring operasi yustisi yang digelar Satgas Covid-19 Kota Jayapura, di sekitar Taman Imbi, Kamis (29/07/2021).

Operasi yustisi ini dalam rangka penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Jayapura Nomor 3 Tahun 2020 tentang adaptasi tatanan kehidupan normal baru .

Sebanyak 33 pelanggar diberi teguran dan 71 lainnya menjalani sidang di tempat. Enam di antara pelanggar dinyatakan postif Covid-19 dengan rapid antigen.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan operasi yustisi bertujuan mencegah meluasnya penyebaran korona, di ibu kota Provinsi Papua.

“Ini untuk menyelamatkan dan melindungi masyarakat dari penyebaran virus covid-19,” kata Tomi Mano.

Ia meminta Polres Kota Jayapura, Kodim, Kejaksaan, dan Pengadilan bersinergi melakukan penegakan perda.

“Tujuan kita hanya satu, untuk memutus mata rantai Covid-19 ini. Kepada warga Kota Jayapura, mari kita taat dengan prokes yang ketat,” ujarnya.

Namun, Tomi Mano mengingatkan para pihak, tetap melaksanakan tugas secara humanis, sesuai pedoman, agar tidak terjadi hal yang tidak inginkan. 

Kapolresta Kota Jayapura, Kombes Pol Gustav R. Urbinas mengatakan, operasi yustisi di wilayah itu akan sering dilakukan. Sasarannya, mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

“Angka kasus Covid-19 dikota Jayapura ini naik terus. Sudah belasan ribu. Kita harus serius dan kita akan laksanakan operasi yustisi setiap pekan dengan lokasi acak atau random,” kata Gustav Urbinas. (Arjuna)