Usai Dilantik di Jayapura, Kepala Daerah Boven Digoel akan Gelar Syukuran bersama Masyarakat

Metro Merauke – Bupati Hengky Yaluwo dan Wabup Lexi Romel Wagiu telah resmi dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua, Rabu (13/10).

Sekda Boven Digoel, Yoseph Awunim mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala daerah Boven Digoel sebenarnya dilakukan di daerah. Namun, mengingat saat ini masih pandemi dan di tengah-tengah pelaksanaan PON XX, sehingga gubernur menentukan, pelaksanaan pelantikan dilakukan langsung di gedung negara gubernur, di Jayapura.

“Kondisi ini memang yang hadir untuk mengikuti prosesi pelantikan sangat dibatasi,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/10).

Meski begitu, kata Sekda, Pemkab Boven Digoel telah mengagendakan, sekembalinya bupati dan wakil bupati ke Boven Digoel, akan dilakukan syukuran bersama masyarakat.

“Ini sebagai ungkapan syukur bersama kepda Tuhan atas hadirnya pimpinan daerah yang baru,” katanya.

Menurut Sekda, masyarakat Boven Digoel merasa senang dengan hadirnya kepala daerah yang definitif hasil Pilkada 2O2O. “Tentu warga berharap akan ada perubahan besar yang akan diciptakan bupati dan wakil bupati untuk kemajuan Boven Digoel,” tuturnya.

Yang paling penting, kata Sekda, janji politik kampanye perlu direalisasikan dalam rencana pembangunan daerah untuk dapat diimplementasikan. Melakukan pembenahan berbagai hal yang belum dilaksanakan pada pemerintahan sebelumnya. Termasuk memperbaiki perangkat daerah sebagai motor penggerak untuk melaksanakan pembangunan di daerah.

“Pembenahan birokrasi utama dilakukan, memajukan program-program yang terkait dengan pelayanan dasar, baik pendidikan dan kesehatan perlu dimajukan.”

Tak kalah penting, lanjut Sekda, penanganan pandemi Covid-19 di daerah juga menjadi prioritas. Terlebih, hingga kini Boven Digoel masih berada di level 3. “Pandemi juga perlu perhatian serius untuk ditangani bersama, agar Boven Digoel dapat kembali ke zona hijau,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *