Ratusan Seniman Lokal Merauke Dilibatkan Selama PON XX

Metro Merauke – Ratusan seniman lokal Merauke ikut berperan serta dalam rangkaian kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di klaster Kabupaten Merauke, Papua.

Koordinator Bidang Sosial Budaya Subda PON Merauke, Romanus Kande Kahol mengatakan dalam rangka memeriahkan PON XX di Merauke, pihaknya mengoordinasi sejumlah sanggar seni, grup musik dan duta budaya untuk berpartisipasi dalam iven tersebut.

Ratusan seniman yang terlibat selama penyelenggaraan PON terdaftar dari 12 sanggar tari kreasi, empat sanggar musik rakyat, enam etnis pembawa tarian, dan 11 sub suku pembawa tarian adat Malind.

“Lalu ada 16 etnis Papua yang ikut penerimaan Api PON di Merauke pada 30 September lalu. Ada perwakilan dari Mappi, etnis Pegunungan, Muyu, Mandobo dan lainnya,” kata Romanus, Rabu (13/10/2021).

Menurut dia, para seniman lokal ini berpartisipasi dari 19 September hingga 16 Oktober 2021. Adapun tugas mereka ialah melakukan penyambutan terhadap kontingen maupun tamu yang tiba di Bandara Mopah Merauke.

“Penyambutannya dengan tarian-tarian kreasi maupun tradisional, lalu ada musik rakyat dan juga pengenaan atribut budaya seperti hiasan kepala kepada ketua kontingen atau tamu VIP,” ujarnya.

Romanus menambahkan bahwa hajatan PON menjadi wadah bagi para seniman untuk berkreasi. Namun lebih dari itu sebagai bentuk penyambutan hangat masyarakat setempat, sehingga tamu merasa seperti di rumah sendiri.

“Kami mencoba memberikan kesan pertama kepada tamu ketika mereka menginjakkan kaki di Merauke, mereka merasa seperti di rumah, merasa nyaman dan bahagia atas keramahtamahan tuan rumah,” imbuhnya. (Eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *