Boyong 2 Medali Emas, Jadikan Tuan Rumah Runner Up Cabor Catur

Metro Merauke – Prestasi gemilang berhasil ditorehkan atlet catur Papua pada PON XX. Dengan memboyong 7 medali, menjadikan tuan rumah Papua keluar sebagai runner up Cabang Olahraga (Cabor) Catur.

Adalah Cerdas Barus, berhasil memboyong 2 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu.

Kedua medali emas tersebut dipersembahkan atlet Cerdas Barus, grand master catur pada kelas cepat perorangan terbatas dan kelas klasik perorangan terbatas.

Sedangkan Yoseph Taher, master internasional memperoleh medali perak, pada kelas catur kilat perorangan umum, kelas perorangan klasik umum, dan medali perunggu kelas cepat perorangan umum.

Sementara satu perak lainnya diperoleh beregu putri kelas catur klasik. Sedangkan satu perunggu lainnya diperoleh beregu putra catur klasik.

Pada cabor catur yang berlangsung di Merauke, kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum, dengan raihan 6 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Kalimantan Timur berada di posisi ketiga dengan perolehan 2 medali emas dan 1 medali perak. Selanjutnya posisi keempat ditempati DIY dengan perolehan 2 medali emas dan 1 medali perunggu. Sementara DKI Jakarta, Jatim dan Banten, masing-masing berhasil merebut 1 medali emas.

Penyerahan medali dan penghormatan pemenang langsung diserahkan kepada masing-masing atlet peraih medali sekaligus dilakukan penutupan pertandingan, Rabu malam (13/10).

Diketahui, pertandingan cabor catur di Swiss bel hotel Merauke berlangsung sejak 3-13 Oktober.

Ada tiga kelas yang dipertandingkan, masing-masing catur kilat yang memperebutkan 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu.

Di kelas catur cepat yang juga memperebutkan 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu. Terakhir, kelas catur klasik yang juga memperebutkan 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu.

Tim tuan rumah Papua sendiri menargetkan 1 medali emas di cabor catur dan berhasil melampaui target dan PON XX Papua. Tentu hal tersebut menjadi sejarah baru bagi Papua.

Sebab, dari keikutsertaan Papua di PON, khusus cabor catur, tercatat baru pertama kalinya meraih 2 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *