Bantai Babel 4-0, Papua Lolos ke Final PON XX

Metro Merauke — Tim Papua berhasil meraih kemenangan telak melawan tim Bangka Belitung dalam laga semifinal cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Bermain di Stadion Katalpal Merauke, Sabtu (9/10/2021) sore, Papua membantai Bangka Belitung dengan skor 4-0. Kemenangan ini memastikan tuan rumah lolos ke babak final.

Papua yang bermain dengan dukungan sekitar 4.000 suporter, langsung menekan Bangka Belitung sejak kick off pertandingan.

Peluang emas Papua hampir terjadi di menit ke-8, ketika striker Marsella Yuliana Awi dari luar kotak pinalti melakukan shoot ke arah gawang yang dijaga Riska Julianti, namun tendangannya sedikit melebar.

Tim putri Babel yang juga ngotot masuk final, tidak mau ketinggalan. Melalui empat pemain depannya, mencoba melakukan serangan dari kedua sayap, tapi tidak membahayakan gawang lawan.

Pada menit ke-29, pemain depan Babel, Firanda mencoba melepaskan tendangan jarak jauh ke arah gawang tuan rumah, namun dapat diamankan dengan baik oleh kiper Agustina Kwano.

Gol pertama Papua tercipta di menit 31 melalui serangan balik cepat. Berkat umpan pendek dari Debora Pagawak, Ina Paulanda Wetipo berhasil melakukan eksekusi melalui tendangan mendatar.

Pada menit-menit akhir babak pertama, dua kesebelasan masih saling jual beli serangan. Namun dengan pertahanan yang apik kedua tim, tidak ada lagi gol yang tercipta. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk Papua.

Setelah jeda turun minum, duel seru oleh dua kesebelasan kembali ditampilkan pada babak kedua, meskipun kondisi lapangan diguyur hujan.

Di babak ini tuan rumah semakin beringas, tim besutan Priagung Dani Atmojo itu langsung melancarkan serangan pada awal-awal babak kedua, hanya saja tidak membuahkan hasil maksimal.

Papua kembali mencetak gol keduanya melalui tendangan bebas Emmy Clarce Falentina Awes (17) pada menit 64.
Emmy berhasil melakukan tendangan yang sempurna dari luar kotak pinalti, dan gagal ditangkap kiper Babel.

Seakan haus gol, tuan rumah terus menggebrak pertahanan lawan menjelang akhir pertandingan. Di menit 82, kapten Papua Selly Wununggu (19) merubah skor menjadi 3-0 dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Babel hasil dari sepak pojok.

Papua kembali menggandakan keunggulan melalui pemain tengahnya Laslen Tabuni (99) pada menit 90. Gol tambahan ini menutup keunggulan Papua atas Bangka Belitung dengan skor 4-0.

Kemenangan ini memastikan tim tuan rumah lolos ke final, berhadapan dengan Jawa Barat di Stadion Katalpal Merauke pada 11 Oktober mendatang.

Pelatih Bangka Belitung, Gaguk Setia angkat topi terhadap keunggulan tim Papua atas tim besutannya. Tim sepak bola putri Papua, menurutnya, lebih siap dan bermain dengan sangat baik.

“Skor 4-0 ini sangat mengecewakan, dan kami memohon maaf kepada masyarakat Babel. Kami akan bermain lebih baik untuk memperebutkan juara tiga,” pungkasnya. (Eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *