PON Papua, BNPB Perkuat Prokes dan Bagikan 433.060 Masker Gratis

Metro Merauke, – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Merauke, merasa perlu menguatkan prokes di venue-venue PON.

Salah satunya BNPB melakukan pembagian 433.060 lembar masker dengan gratis.

Dikatakan Kasub Satgas Prokes Merauke, Agus Riyanto, untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona, selain dianjurkan mendapatkan vaksinasi. Yang tak kalah penting, wajib menggunakan masker diberbagai aktivitas di luar rumah.

“Ada ratusan relawan dari berbagai organisasi masyarakat maupun pemuda yang kita libatkan. Perananya ikut mensosialisasikan serta mengedukasi warga terkait Covid-19. Juga dikerahkan membagikan masker di tempat-tempat keramaian. Seperti venue, pasar maupun tempat ibadah, “katanya kepada wartawan, Sabtu (9/10).

Dijelaskan, PON XX di tengah pandemi memang menuntut untuk setiap orang disiplin dan tidak mengabaikan prokes.

Kasub Satgas Prokes Merauke, Agus Riyanto,

Dijelaskannya, jauh sebelum PON berlangsung, Bidang Edukasi dan Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 memberikan panduan kepada Panitia pelaksana dan Subda untuk mempersiapkan kelengkapan venue.

Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan, alur dan kapasitas penonton serta penertiban penggunaan masker.

Ditambahkan, dari pantauan di lapangan, Agus menyebut ketaatan masyarakat Merauke dalam penerapan prokes dapat dikatakan mencapai 80 persen.

“Memang masih ada yang terpantau menggunakan masker tidak pada posisi sempurna, dipakai di bawah dagu atau ada juga sengaja melepas masker, ” tuturnya.

Ia mengharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya prokes di tengah pandemi dapat ditingkatkan. Hal itu penting, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *