Cegah Penyebaran Covid-19, Atlet Hingga Offisial Diswab Antigen

Metro Merauke – Dinas Kesehatan Merauke, Papua melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di arena gelaran PON XX yang masih berlangsung hingga kini.

Caranya, para atlet hingga ofisial setiap cabang olahraga wajib menjalani rangkaian swab test sesaat sebelum pertandingan, usai pertandingan maupun kontingen yang hendak pulang ke daerah asal.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile Muskita menyebut, swab test ini sudah dilakukan saat PON berlangsung.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan selama ini, telah ditemukan 5 orang, merupakan panitia pelaksana, osfisial, wasit hingga atlet yang mengikuti PON XX di Merauke terpapar covid.

“Ke lima pasien terkonfirmasi dengan gejala ringan saat ini masih menjalani isolasi terpusat di tempat yang disediakan pemerintah, ” ucapnya kepada wartawan, Jumat (08/10).

Dikatakannya, pemeriksaan kesehatan lewat swab test antigen perlu dilakukan, untuk memastikan apakah ada potensi penularan COVID-19.

Neville Muskita memastikan, swab test bagi kontingen PON akan terus dilakukan. Termasuk melakukan pemeriksaan malaria untuk kontingen yang hendak pulang ke daerah masing-masing.

Menurutnya, langkah untuk menekan penyebaran virus corona, kuncinya dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Termasuk pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Diketahui, capaian vaksinasi di Merauke mencapai 72 persen. Dimana Merauke menjadi daerah tertinggi capaian vaksin Covid 19 se Papua.

“Kita berharap meski ada kesibukan PON, tidak terjadi klaster baru Covid-19,”tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *