Sejumlah Tokoh Dukung Hajatan PON XX Papua

Metro Merauke – Sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Merauke memberikan dukungan moral atas hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang digelar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Bagi para tokoh tersebut, PON XX tidak hanya bergema di empat klaster penyelenggara, tapi di seluruh wilayah adat Tanah Papua, karena melibatkan sebagian besar generasi muda berbakat di Bumi Cenderawasih.

Salah seorang tokoh pendidikan Merauke, Damianus P Cambu mengatakan bahwa PON XX tak sekedar iven nasional. Pesta olahraga terbesar di Indonesia ini tentunya memberi nilai dan warna tersendiri bagi masyarakat Papua.

Menurut dia, PON XX menjadi kebanggaan dan pembuktian kemajuan infrastruktur olahraga di Tanah Papua, serta membuktikan bahwa Papua bisa menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Masih menurutnya, iven empat tahunan ini menjadi ajang pembuktian prestasi anak bangsa serta memberi nilai edukasi dan motivasi bagi generasi muda Papua untuk berprestasi di bidang olahraga.

“Dengan adanya hajatan ini, generasi muda Papua mulai termotivasi untuk meminati olahraga. Sedangkan atlet Papua yang berpartisipasi dalam PON tentunya termotivasi untuk lebih berprestasi,” kata Damianus.

Paskalis Imadawa

Ia menambahkan, PON Papua juga menjadi wadah persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama dengan kehadiran kontingen dari seluruh daerah di nusantara.

“Ini tidak hanya menjadi ajang pesta olahraga, tapi juga penyatuan keanekaragaman budaya dan pesta rakyat. Dari aspek pendidikan, kami menilai penting, karena pasti banyak terlahir atlet-atlet baru,” imbuhnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat adat Marind Bob Merauke, Paskalis Imadawa mengapresiasi pemerintah daerah, TNI-Polri dan berbagai elemen yang telah bekerja keras melaksanakan PON XX Papua.

“Mari kita semua menyukseskan pesta olahraga ini di Tanah Papua. Hajatan ini mengangkat harkat dan martabat orang Papua untuk lebih berprestasi, khususnya di bidang olahraga,” katanya.

Paskalis juga memberi apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemprov Papua untuk menyelenggarakan PON XX, serta atas penunjukkan Merauke sebagai salah satu tempat penyelenggaraan sejumlah cabang olahraga.

“Karena itu sekali lagi saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PON di Merauke. Hajatan ini menjadi kebanggaan kita semua, karenanya harus aman dan damai,” ujarnya. (Eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *