Yan Mandenas: Momen PON Mestinya Dimanfaatkan Membicarakan Penyelesaian Masalah Papua

Metro Merauke – Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mendenas berpendapat, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, mestinya dimanfaatkan membicarakan bagaimana penyelesaian masalah di provinsi tertimur Indonesia itu.

Menurutnya, apresiasi patut diberikan kepada semua Panitia Besar (PB) PON, atas terselenggaranya event akbar pembukaan dan pelaksanaan PON XX Papua.

Akan tetapi katanya, momen penting PON juga harusnya dimanfaatkan oleh Pemprov Papua memfasilitasi para tokoh masyarakat di Bumi Cenderawasih, menghadap atau bertemu Presiden Jokowi.

Membicarakan bagaimana penyelesaian terbaik masalah Papua. Sebab, pada momen PON XX Papua, Presiden dan semua pejabat tinggi negara ada di Papua. 

“Bukanya hanya fokus Pada pelaksanaan PON XX Papua. Setelah itu, ketika ada konflik barulah para pihak menyalahkan pemerintah pusat,” kata Yan Mandenas melalui pesan singkatnya, Selasa (05/10/2021).

Legislator Republik Indonesia dari daerah pemilihan Papua itu berpandangan, cara seperti ini justru menunjukan kemunafikan para pihak terkait.

Semua masalah yang terjadi di depan mata, terkesan sengaja biarkan berlarut begitu saja. 

Akhirnya masyarakat resah, dan mereka menyelesaikan masalah dengan cara padangnya masing-masing. Ini terjadi karena para pemimpin di Papua pura-pura diam. 

“Membisu dan hanya mencari nama besar saja, tanpa mempedulikan rakyatnya yang sedang tertindas di balik gunung, lembah, pesisir pantai dan pulau-pulau di Papua,” ujarnya. (Arjuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *