Bripda Tersa Huby, Polwan Berprestasi di PON XX Papua

Metro Merauke – Tampil perdana di Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Tersa Huby yang merupakan salah satu atlet PON cabang olahraga anggar perwakilan dari tuan rumah.

Tak banyak yang tahu, sosok Tersa Huby, gadis kelahiran Wamena, 9 November 1997 silam, berprofesi sebagai Polisi wanita di Polda Papua.

Bripda Tersa Huby, anak kelima dari enam bersaudara ini bercerita, kiprahnya di dunia olahraga anggar baru ditekuninya dalam beberapa tahun terakhir. Mana kala dirinya mulai diperkenalkan anggar dari kakak tingkat seprofesinya.

“Awalnya ada senior saya yang ikuti anggar, setiap bertemu, dia menceritakan soal anggar. Lama-kelamaan saya mulai tertarik dengan cara bermain anggar. Tahun 2018 saya mulai giat berlatih,” ucapnya, Senin (4/10/2021).

Tak butuh waktu lama, potensi Tersa Huby mulai terlihat setelah beberapa waktu mengikuti latihan dan didaulat tampil di berbagai event mini di tanah air.

Bripda Huby, salah satu duta olahraga di PON XX untuk cabang olahraga Anggar

Diusianya ke 23 tahun, Bripda Tersa Huby sudah memiliki sederet prestasi membanggakan. Hingga akhirnya sang Polwan bergabung dalam tim kontingen anggar Papua di PON XX.

“Saya merasa bangga dan beryukur dapat tergabung dalam kontingen anggar PON yang digelar di rumah kita sendiri, Papua,” tuturnya.

Disinggung mengenai peta persaingan PON XX, Tersa melihat seluruh peserta adalah kompetitor yang kuat. Namun ia mengaku tetap optimis dan komitmen untuk tampil maksimal hingga meraih prestasi.

Laga cabang olahraga anggar pertama sudah digelar, Senin 4 Oktober, dan berlangsung di venue Archilaus Sai Merauke hingga 9 Oktober mendatang.

“Saat ini nomor Floter individu putra dan putri sedang berlangsung. Saya baru akan berlaga Selasa besok, pada nomor Degen perorangan putri. Harapnnya dapat meraih medali emas,” kata anak dari pasangan Alm.Yacob Huby dan Yosephina Wetipo.

Namun, di tengah menjadi seorang atlet, Bripda Tersa Huby juga tak ingin melupakan tugasnya saat berseragam cokelat. Hal tersebut, katanya, menjadi tantangan tersendiri. Dimana kehadiran polwan di tengah masyarakat menjadi motor penggerak untuk meningkatkan performa Polri.

Ia merasa beruntung, sebab kepolisian tempatnya mengabdi tidak mempersulit untuk dirinya bermain anggar, terlebih salah satu polwan Polda Papua ini tampil di PON XX sebagai duta olahraga dari tuan rumah Provinsi Papua.

“Kesatuan sangat memberi support agar saya tetap semangat dan memberikan yang terbaik untuk bangsa, baik di bidang olahraga maupun dalam bertugas,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *