Noken Sebagai Cinderamata Pansus PON DPR Papua untuk Atlet Cabor Panahan

Metro Merauke – Panitia Khusus Pekan Olahraga Nasional atau Pansus PON XX Papua di DPR Papua membagikan noken (tas rajut khas Papua) sebagai cinderamata, kepada atlet dari 20 provinsi yang bertanding pada cabang olahraga (cabor) panahan.

Noken itu diserahkan Wakil Ketua Pansus PON DPR Papua, Agus Kogoya kepada Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia atau Perpani Papua, Dr. Juliana J Waromi, SE, MSi didampingi Ketua Harian Pengprov Perpani Papua, Hengky Sawaki dan pengurus.

Noken itu diserahkan di venue cabor panahan PON XX Papua, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (01/10/2021).

Agus Kogoya mengatakan, noken dibeli pihaknya dari mama mama pengrajin di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan sekitarnya.

“Momen PON ini baru pertama kali di Papua, dan menjadi kebanggaan tersendiri. Mewakili Pansus PON XX Papua dan masyarakat Papua, kami merasa bangga dan memberikan cinderamata berupa noken kepada setiap atlet yang bertanding,” kata Agus Kogoya.

Menurut Agus Kogoya, pihaknya membeli noken dari pengrajin di lima wilayah adat. Noken itu akan dibagikan kepada atlet yang bertanding di setiap venue pada empat klaster sebagai cinderamata.

Katanya, ini sebagai salah satu bentuk upaya Pansus PON DPR Papua, agar para pengrajin noken mendapat dampak ekonomi pada pelaksanaan PON Papua.

Sebab, sukses PON di Papua tidak hanya dari sisi prestasi atlet dan pelaksanaan. Akan tetapi mesti memberi dampak ekonomi kepada warga di sana.

“Noken itu, Pansus PON XX Papua di DPR Papua membelinya dari berbagai wilayah adat, termasuk dari Meepago, Lapago, Tabi dan lainnya,” ucapnya.

Pemberian cinderamata kepada atlet itu, juga sebagai bentuk promosi budaya Papua. 

Pelaksanaan PON XX dipandang sebagai kesempatan mempromosikan budaya Papua. Sebab, dalam event olahraga nasional empat tahunan itu, dihadiri 34 provinsi.

“Banyak masyarakat di luar Papua, yang belum tahu Papua. Ini kesempatan memperkenalkan budaya Papua,” ujar Agus Kogoya.

Ketua Panpel Cabor Panahan, Hengky Sawaki mengapresiasi Pansus PON XX DPR Papua. Sebab, telah memberikan cinderamata kepada atlet yang bertanding. 

“Kami akan bagi noken ini kepada para atlet. Disini ada 160-an atlet,” kata Hengky Sawaki.

Ketua Harian Pengprov Perpani Papua itu, juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pansus PON XX DPR Papua. 

“Ini kan sekaligus mempromosikan noken, supaya mereka tahu ada noken sebagai budaya Papua menjadi oleh-oleh atau cinderamata,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *