Evakuasi Jenazah Suster Gabriella, Satu Prajurit TNI Gugur

Metro Merauke – Seorang prajurit TNI gugur saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST), di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (21/09/2021).

Kepala Penerangan Kodam Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Reza Nur Patria mengatakan, kontak tembak prajurit TNI dengan KKB terjadi di Bandara Kiwirok pada Selasa pagi.

Ketika itu, prajurit TNI mengamankan Bandara Kiwirok, sebab jenazah Gabriella Melani, tenaga kesehatan (nakes) yang ditemukan wafat pada pertengahan pekan lalu akan dievakuasi ke Jayapura.

Suster Gabriella Melani ditemukan wafat di jurang dengan kedalaman sekitar 300 meter, beberapa hari setelah kelompok bersenjata membakar Puskesmas Kiwirok, dan sejumlah fasilitas publik lainnya pada 13 September 2021.

Saat itu korban berupaya menyelamatkan diri bersama beberapa rekannya. Akan tetapi KKB menemukan korban yang tersangkut di atas pohon saat melompat ke jurang. 

Korban diduga dianiaya KKB sebelum dibuang ke jurang dan ditemukan wafat dua hari setelah kejadian.

“Dalam pelaksanaan evakuasi tersebut, anggota kita gugur saat kontak tembak dengan KST,” kata Kolonel Reza Nur Patria, Selasa. 

Menurutnya, akibat kontak tembak itu proses evakuasi jenazah suster Gabriella sempat terlambat dari jadwal.

“Pelaksanaan evakuasi dari semula yang dijadwalkan agak terhambat karena kondisi di sana juga masih terjadi kontam tembak antara aparat TNI dengan KST,” ujarnya.

Meski sempat diwarnai kontak tembak, namun jenazah suster Gracella Melani berhasil dievakuasi ke Jayapura, bersama jenazah prajurit TNI yang gugur, Selasa siang. 

Helikopter milik TNI yang membawa jenazah mendarat di Makodam XVII Cenderawasih. 

Kedua jenazah kemudian dibawa terlebih dulu ke Rumah sakit Marthen Indey di Kota Jayapura.

Selanjutnya, jenazah suster Gabriella dibawa pihak keluarga ke rumah duka di Ekspo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *