KKB Diduga Bakar Kantor dan Rumah Warga di Pegubin

Metro Merauke – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga membakar beberapa kantor pemerintah dan rumah warga di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua, Senin (13/09/2021).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan bangunan yang dibakar, yakni Bank Papua Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, Pasar Kiwirok, SD Inpres Kiwirok, dan beberapa rumah warga.

“KKB pelaku penyerangan dan pembakaran diduga Kelompok Lamek Taplo, yang bermarkas Gunung Delpem Distrik Kiwirok,” kata Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal melalui keterangan tertulis, Senin (13/09/2021).

Menurutnya, aksi itu bermula ketika sekira jam 08.30 WIT, dari Pos Pamtas Yonif 403/WP yang berjarak 300 meter, terlihat sembilan orang  KKB dengan pucuk senjata laras panjang. 

Satu regu Satgas Pamtas kemudian mengejar kelompok itu, dan terjadi kontak tembak. 

Tak berapa lama, terdengar beberapa kali tembakan dari arah bawah Kantor Koramil Kiwirok dan Polsek Kiwirok. Personel TNI-Polri merespons dan terjadi baku tembak.

“Sekitar jam 09.30 WIT, terjadi pembakaran yang dilakukan oleh KKB pada Kantor Kas Bank Papua Kiwirok, Pasar Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, SD Inpres Kiwirok,” ujarnya.

Katanya, pada siang hari terpantau KKB berada di Bandara Kiwirok. Aparat TNI dan Polri dari Polsek Kiwirok, Koramil Kiwirok serta Satgas Pamtas, kemudian melakukan konsolidasi dan pengecekan pers.

“Satu personel terluka di tangan terkena serpihan peluru. Ia bernama Prada Ansar. Penyerangan dan pembakaran ini patut diduga sebagai aksi pembalasan atas penangkapan dua pelaku penyelundupan lima pucuk senjata dan amunisi milik kelompok itu, dari PNG,” katanya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *