2 Menteri Pastikan Kesiapan PON XX di Merauke

Metro Merauke – Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD serta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke, Papua.

Kedatangan dua menteri secara langsung ke Merauke guna memastikan kesiapan daerah, dalam menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional ke-XX tahun 2021.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menegaskan, sebagai cluster PON XX, Kabupaten Merauke telah siap menjadi tuan rumah untuk enam cabang olahraga. Mulai dari sepak bola putri, catur, wushu, anggar, bermotor, dan gulat.

Menurutnya, persiapan keenam venue PON di Merauke yang akan dijadikan sebagai tempat kompetisi olahraga terbesar tingkat nasional tersebut, telah mencapai di atas 95 persen dan tinggal perampungan.

Seperti di Stadion Katalpal, kata bupati, di venue untuk cabor sepak bola putri, lampu sorot yang dipesan dari China belum tiba, sebagai alternatifnya jadwal pertandingan harus dirubah. “Semula dijadwalkan bertanding sore dan malam sudah dirubah, pertandingan malam digeser ke pagi dan sore hari,” katanya.

Tidak hanya venue tempat berlaga di Merauke, pemerintah setempat pun telah menyelesaikan sarana dan prasarana pendukung ivent nasional ini. Mulai dari penginapan, wisma atlet hingga tempat wisata telah disiapkan.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Merauke, Mike Christian Walinaulik menyebutkan, Mendagri bersama Menkopolhukam melakukan serangkaian kunjunagn kerja, sekaligus melihat kesiapan Kabupaten Merauke meyongsong pelaksanaan PON XX.

Selain itu, lanjut Mike, kunker ke dua menteri untuk memastikan kesiapan Merauke yang bakal dikunjungi Presiden RI, Joko Widodo dalam agenda meresmikan Pos Lintas Batas Negara di Sota.

“Setibanya di Bandara Mopah, kedua menteri langsung meninjau Stadion Katalpal. Kegiatan dilanjutkan Minggu pagi di PLBN Sota. Hasil dari kunjungan para menteri ini akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo. Dijadwalkan Presiden akan ke Merauke untuk meresmikan PLBN Sota dalam waktu dekat,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *