Komunitas Masyarakat Boven Digoel Minta Relawan PON XX Libatkan Masyarakat Selatan Papua

Metro Merauke – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke XX di Papua tinggal menghitung hari. Guna mendukung kelancarannya, PB PON Cluster Merauke telah membuka rekrutmen relawan dengan kupta mencapai 2.000 orang.

Komunitas Masyarakat Boven Digoel Peduli Demokrasi, meminta agar masyarakat, khususnya orang asli Papua dari selatan Papua dapat dilibatkan sebagai relawan PON XX tahun ini.

“Terlebih ada dana kampung dan APBD masing-masing kabupaten di Papua, termasuk Boven Digoel yang dipangkas untuk menunjang pelaksanaan PON Papua.

Sehingga kita berharap,relawan yang direkrut juga melibatkan masyarakat dari masing-masing daerah,” ujar Ketua Komunitas Masyarakat Boven Digoel Peduli Demokrasi,Steven Roberth Belamirus kepada wartawan.

Ketua Bidang IV SDM Pekan Olahraga Nasional cluster Merauke, Ramadayanto

Menurut Steven, ivent Nasional yang digelar di Merauke sebagai salah satu cluster, merupakan momen besar, sehingga pelaksanaannya perlu mendapat dukungan bersama lapisan masyarakat, termasuk Kabupaten Asmat, Mappi, dan Boven Digoel dalam suksesnya PON Papua.

Sementara itu, Ketua Bidang IV SDM Pekan Olahraga Nasional cluster Merauke, Ramadayanto mengatakan, total kuota relawan yang diberikan oleh PB PON XX Papua untuk cluster Merauke sebanyak 2.000 orang.

Dimana, lanjut Ramadayanto, dari ribuan relawan yang dibutuhkan tersebut telah diatur pembagiannya 80 persen untuk orang asli Papua dan 20 persen merupakan relawan non OAP.

Dijelaskannya, rekrutmen relawan PON cluster Merauke pelaksanaanya terpusat di daerah. Sebab, seluruh venue untuk 6 cabang olahraga pun berada di Merauke.

“Ini sesuai petunjuknya, bahwa rekrutmen dilakukan terpusat di Merauke sebagai klaster PON XX. Ada kouta 80 persen OAP, ini sudah jelas untuk orang asli Papua, termasuk saudara-saudara kita di selatan Papua. Mestinya datang ke Merauke untuk mengikuti seleksi relawan tersebut,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *