Tangkap Terduga Anggota KKB, Satgas Nemangkawi Temukan Tiga Pucuk Senpi

Metro Merauke – Satuan Tugas atau Satgas Nemangkawi menangkap seorang terduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, bernama Gigen Telenggen.

Ia ditangkap saat angkutan umum yang ditumpanginya dihentikan aparat keamanan di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Jumat (03/09/2021).

Dari penangkapan itu, aparat keamanan berhasil menemukan tiga pucuk senjata api (senpi), yang disembunyikan dalam peti, dan dikubur di bawah tanah.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Gigen Telenggen diduga berperan sebagai penyedia senjata api untuk KKB.

Katanya, penangkapan bermula ketika Tim investigasi dan Penyelidikan Satgas Nemangkawi mendapat informasi, terduga memiliki senpi untuk diberikan kepada KKB.

“Tim kemudian mengadang angkutan umum yang ditumpangi terduga, di depan Polsek Sentani Timur,” kata Ahmad Mustofa Kamal, Jumat (03/09/2021).

Menurutnya, aparat keamanan kemudian mengintrogasi Gigen Telenggen. Iapun mengarahkan aparat keamanan ke salah satu rumah kosong di Sabron, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

Katanya berdasarkan keterangan Gigen Telenggen, setibanya di lokasi, tim menggali tanah pada salah satu titik. Di dalam tanah ditemukan sebuah peti terbuat dari kayu.

“Tim membongkar peti dengan kampak dan didapati tiga pucuk Senjata api M16 dan dua senpi Rakitan, serta sebuah tas berisi magazen,” ujarnya.

Kini kasus tersebut ditangani Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua. Polisi masih mengembangkan kasus itu, dan mendalami Gigen Telenggen bergabung dengan KKB pimpinan siapa.

“Aparat TNI- Polri akan menindak tegas kelompok manapun, yang melakukan pelanggaran hukum, terutama yang mengancam keselamatan masyarakat,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *