Komisi V DPR Papua: Mesti Ada Grand Design Beasiswa Otsus

Metro Merauke – Komisi V DPR Papua, yang membidangi pendidikan dan kesehatan berpandangan, perlu ada grand design untuk beasiswa Otonomi Khusus atau Otsus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Yakob Kamasan Komboy mengatakan, mulai dari proses rekrutmen hingga pembiayaan, mesti mengacu pada grand design itu.

Untuk itulah Komisi V DPR Papua, meminta Biro Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua menyusun sebuah grand design, dengan baik agar menjadi acuan dalam langkah langkah yang dilakukan menuju 2045. 

Ini sebagai upaya mencegah kembali terjadinya masalah beasiswa Otsus seperti pada tahun tahun sebelumnya.

“Kita harap dikemas dengan baik dan dibicarakan dengan baik. Sehingga benar benar dapat dilaksanaan dengan baik,” kata Yakob Kamasan Komboy, usai Komisi V DPR Papua rapat dengar pendapat dengan BPSDM Papua, Kamis (02/09/2021).

Menurutnya, DPR Papua juga akan menunggu rancangan peraturan daerah khusus atau raperdasus yang akan diusulkan BPSDM Papua. 

“Saya kira dari hasil ini kita mungkin akan mengundang lagi BPSDM, beserta para pihak yang hadir tadi, untuk kita coba diskusikan kembali terkait rencana mereka membuat raperdasus inisiatif dari mereka,” ujarnya.

Ia berharap, dalam penyusunan raperdasus nantinya, BPSDM Papua mengakamodir berbagai hal hal utama. Misalnya bagaimana menyiapkan penerima beasiswa, sebelum melanjutkan pendidikan di berbagai negara, agar tak ada kendala nantinya.

“Saya harap, hal hal seperti ini, itu yang harus dituangkan di dalam raperdasus. Proses penerimaan, aturan mainnya seperti apa. Itu yang dimuat dalam raperdasus nanti,” ucapnya.

Ia yakin, dengan pelibatan sejumlah tenaga ahli, para doktor yang dulu dibiayai oleh dana Otsus, yang punya pengalaman cukup, mereka akan mampu merancang raperdasus itu sesuai kebutuhan. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *