Industri Rumahan Sabun Buah Merah di Jayapura Belajar Lewat Internet

Metro Merauke – Industri rumahan yang diketuai Yusman Enumbi kini mengembangkan pembuatan sabun mandi berbahan baku buah merah, sereh, dan jehe.

Kolompok industri rumahan yang berada Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, kini dapat membuat sabun mandi dari buah merah, sereh dan jahe dengan belajar dari internet.

Ketua industri rumahan yang diberi nama Kelompok Sabun Buah Merah Aquina, Yusman Enumbi mengatakan, ide itu muncul usai banjir bandang yang melanda Sentani, 2019 silam. 

Ditambah lagi pandemi korona yang mulai masuk ke Papua pada awal 2020, yang menyebabkan pembatasan aktivitas bagi warga.

“Waktu itu, saya menghabiskan banyak waktu hanya di rumah. Saya kemudian berinisiatif belajar otodidak dari internet bagaimana cara membuat sabun mandi,” kata Yusman Enumbi.

Akan tetapi, cara membuat sabun mandi tak semudah yang dibayangkan Yusman. Berkalikali ia gagal, namun terus mencoba. Pada percobaan ke-11, iapun berhasil membuat sabun mandi dari buah merah, sereh dan jahe.

Meski pembuatannya masih menggunakan cara manual, namun kelompok industri rumahan ini dapat memproduksi hingga 500 sabun mandi.

Akan tetapi, hasil produksi itu belum bisa dipasarkan, sebab hingga kini belum memiliki izin edar. 

“Sabun mandi yang kami buat, untuk sementara waktu hanya kami bagikan kepada keluarga. Mereka menyarankan agar kami pasarkan. Namun, belum ada izin sehingga kami belum bisa memasarkannya,” ucapnya.

Yusman Enumbi mengatakan, kini pihaknya sedang mengurus agar home industi ini memiliki badan hukum, lewat Koperasi Mandiri Sejahtera.

“Kami sudah ke notaris dan akan membuat NPWP-nya, termasuk SITU dan SIUP. Sekarang masih di notaris, setelah itu kemana lagi, akan kami ikuti,” ujarnya.

Hingga kini home industri pembuatan sabun mandi ini beranggotakan sebanyak 20 orang, yakni 15 orang wanita dan lima pria. 

Mereka berharap, pemerintah daerah dapat membantu peralatan untuk menunjang home industri tersebut.

“Kami juga menyiapkan pengemasan sabun mandi ini, dan kami harap dapat dibantu,” kata Yusman Enumbi. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *