45 Unit Bus PON XX Segera Tiba di Merauke

Metro Merauke – Dinas Perhubungan Merauke, Papua memastikan, 45 unit bus dukungan PON XX dari Kementerian Perhubungan dalam waktu dekat tiba di Merauke.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Fransiskus Anggawen mengatakan, puluhan bus yang terdiri dari 3O bus medium dan 15 unit bus mikro, sudah diberangkatkan dari Tanjung Priok, Jakarta Utara oleh Dirjen Perhubungan Darat, 21 Agustus lalu.

Seluruh bus tersebut diperkirakan tiba di Merauke di akhir Bulan Agustus. Dimana, lanjutnya, pola operasi bus saat pelaksanaan PON XX akan melekat kepada atlet dan ofisial dengan sistem shuttle.

“45 bus dukungan PON XX untuk Merauke dikirim dari Tanjung Priok bersamaan untuk klaster Mimika. Kemungkinan tiba di Merauke 3O atau 31 Agustus nanti, setelah menurunkan bus bantuan ke Mimika,” ujarnya kepada Metro Merauke, Kamis (26/8/2O21).

Dijelaskan, selain mengirim bus, Kemenhub juga menyediakan awak bus untuk mengoperasikan 3O bus medium. Sedangkan untuk 15 unit bus mikro, lanjut Anggawen, pengemudinya direkrut dari warga setempat.

“Untuk pengemudi bus mikro kita rekrut orang asli Papua. Ini sebagai wujud pemberdayaan masyarakat lokal, “ tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini rekrutmen bagi pengemudi bus tengah dilakukan. Pengemudi harus melalui tahap seleksi dan latihan, sehingga nantinya benar-benar mumpuni dalam mengoperasikan bus untuk mendukung kelancaran PON XX di Kabupaten Merauke,” tukasya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *