Poksus Desak Pimpinan DPR Papua Jadwalkan Paripurna Non APBD

Metro Merauke – Kolompok Khusus atau Poksus DPR Papua mendesak pimpinan lembaga dewan segera mengagendakan rapat Badan Musyawarah (Bamus), untuk menjadwalkan pelaksanaan paripurna non APBD.

Ketua Poksus DPR Papua, John NR Gobai mengatakan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, dan Biro Hukum Sekretariat Daerah atau Setda Provinsi Papua telah menetapkan sejumlah rancangan peraturan daerah (raperda).

Kini DPR Papua mesti membuka rapat Bamus, untuk membahas sejumlah rancangan regulasi tersebut.

“Ini agar pengusul dapat menyampaikan pokok-pokok pikirannya dalam paripurna dan fraksi-fraksi memberi pendapat. Tentu ini perlu waktu satu hingga dua hari,” kata John Gobai, Rabu (25/08/2021).

Menurut anggota Bapemperda DPR Papua itu, pimpinan Bapemperda DPR Papua dan beberapa anggotanya, telah melaporkan kepada pimpinan DPR Papua mengenai beberapa raperda yang perlu disahkan.

“Propemperda yang telah siap, namun belum dilakukan penjadwalannya. Sekarang kami menunggu kapan pimpinan DPR Papua mengagendakan sidang non-APBD, mengesahkan nomor perda, termasuk Perda PON dan Peparnas,” ucapnya.

Ia berpendapat,  kinerja DPR Papua yang dapat diukur adalah berapa raperda yang dibahas, dan disahkan. Berapa raperda atau raperda inisiatif DPR Papua.

“Waktu banyak terbuang. Pimpinan sibuk dengan hal yang hanya seremonial. Uang PON dan Peparnas besar, sehingga semua sibuk atau benar sibuk,” ujarnya.

Gobai menambahkan, apabila ada yang tak beres nantinya ketika jelang atau saat pelaksanaan PON, itu merupakan tanggung jawab para pihak terkait.

“Untuk apa putar putar di PON terus. Ingat prestasi DPR Papua itu bukan PON. Namun berapa perda yang dihasilkan dalam setahun. Lebih hebat lagi kalau inisiatif DPR Papua banyak,” katanya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *