Kembangkan Ekonomi Gereja, Bupati Paniai Bagikan 72 Ekor Ternak Babi

Metro Merauke – Bupati Paniai, Papua, Meki Nawipa membagikan bantuan 72 ekor ternak babi ke 12 klasis Gereja Kemah Injil Kingmi di Tanah Papua (GKIP), yang ada di Paniai, Jumat (20/08/2021).

Meki Nawipa mengatakan, setiap klasis mendapat bantuan enam ekor ternak babi. Bantuan itu sebagai upaya pihaknya mengembangkan ekonomi gereja.

“Ini untuk pengembangan ekonomi gereja. Nantinya kami juga akan membagikan ternak babi kepada pendeta, gembala, badan pengurus jemaat, hingga warga jemaat,” kata Meki Nawipa kepada Metro Merauke, Jumat (20/08/2021).

Katanya, ke depan pihaknya juga akan membagikan bantuan ternak babi kepada dedominasi gereja lain di Paniai. Di antaranya Gereja Katolik, Gereja GKI dan lainnya.

Rencananya awal September mendatang, Meki Nawipa juga akan membagikan ternak babi ke 10 Paroki Gereja Katolik di Paniai.

Menurutnya, apa yang ia lakukan ini merupakan bagian dari kerja nyata. Bagi Meki, kerja nyata lebih terlihat daripada hanya sekadar bicara.

“Sesuai dengan janji saya, saat HUT RI ke-76 pada 17 Agustus 2021, Pemda Paniai akan launcing beberapa program. Pemerintah hadir untuk melayani rakyat,” ucapnya.

Atas nama masyarakat Paniai, Meki Nawipa mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak. Di antaranya PLN, sebab kini listrik di tiga kabupaten, yaitu Paniai, Deiyai, dan Dogiyai kini menyala 24 jam.

“Saya juga berterimakasih kepada pihak Bekti, Telkom, Telkomsel (4G), Yayasan Serafim san Paidea [untuk 150 guru kontrak TK,SD dan SMP], kantor pertanahan [untuk 250 sertifikat tanah) KER IA,” ujarnya.

Sebelumnya, pada awal Agustus 2021 lalu Pemkab Paniai juga mengirim lima pelajar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Oregon State University, Amerika Serikat, untuk masing-masing jurusan yang berbeda.

Ketika itu, Meki Nawipa mengatakan kelima mahasiswa tersebut awalnya diasuh Yayasan Pelayanan Antarbudaya (YPA-Papua) melalui program yang ia canangkan yakni Paniai Intensive Training (PAINTING) sejak 2019 lalu.

Kelima calon mahasiswa itu di antaranya Melkias Gobay mengambil jurusan Plantation (Perkebunan), Irneka Kudiai jurusan Internasional Business (Bisnis Internasional), Jackline A Gobai jurusan Pharmacy (Farmasi), Seatiel Gobai (bisnis administrasi) dan Michael Bunai jurusan Agriculture (Pertanian).

Meki Nawipa mengatakan, Pemda Paniai akan berkomitmen memproduksi sumber daya manusia (SDM) yang andal demi masa depan daerah.

“Pemda Paniai bayar penuh biaya kuliah mereka selama empat tahun. Kita mau mereka sekolah bagus di Amerika. Pemda Paniai di pemerintahan saya berkomitmen akan membiayai penuh,” ujar Meki Nawipa ketika itu.

Ia menargetkan pada 2022 dan 2023 pihaknya menuntaskan semua biaya kuliah, biaya hidup dan lainnya untuk lima calon mahasiswa itu. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *