Kejaksaan Limpahkan Berkas Jubir Internasional KNPB ke Pengadilan

Metro Merauke – Kejaksaan telah melimpahkan berkas Juru Bicara (Jubir) Internasional Komite Nasional Papua Barat atau KNPB, Victor Yeimo ke Pengadilan Negeri (PN) Jayapura pada Selasa (10/08/2021), untuk dijadwalkan persidangannya.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua, Nikolaus Kondomo dalam keterangan pers secara daring. 

“Hari ini berkas [perkara] nya sudah dilimpahkan ke PN untuk disidangkan,” kata Nikolaus Kondomo, Selasa (10/08/2021).

Ia mengakui bekas Ketua Umum KNPB yang kini menjadi terdakwa itu, kini dititipkan di rumah tahanan (rutan) Markas Komando atau Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Langkah ini diambil, sebab kejaksaan tidak memiliki rutan untuk menahan yang bersangkutan selama lebih dari satu kali 24 jam.

“Biasanya kami titipkan orang di Lapas [Klas IIA Abepura]. Akan tetapi karena kondisi pandemi kini, sehingga lapas juga punya mekanisme bagaimana pelimpahan penahanan ke lapas,” ujarnya.

Menurutnya, penahanan terdakwa akan dipindahkan ke Lapas Abepura setelah ada jadwal sidang dari Pengadilan Negeri Abepura, atau berstatus tahanan hakim. 

“Ketentuannya seperti itu. Saat ini penahanannya belum bisa dipindahkan dari rutan Brimob ke lapas,” ucapnya.

Namun ia tidak bisa pastikan kapan jadwal sidang terdakwa diputuskan oleh pengadilan. Namun biasanya sepekan setelah kejaksaan menyerahkan berkas.

Kejaksaan Pastikan Jamin Hak Hak Victor Yeimo

Kajati Papua, Nikolaus Kondomo memastikan pihaknya tetap menjamin hak hak Victor Yeimo, meski ia dititipkan di rutan Mako Brimob Polda Papua.

Hak hak terdakwa, di antaranya harus di tempat yang baik, diberikan makan, dan layanan kesehatan. 

Hari ini kejaksaan telah mengantar Victor Yeimo memeriksakan kesehatannya ke RSUD Jayapura. Ia didampingi jaksa dan kepolisian. 

“Hak hak terdakwa tetap kita junjung tinggi, tetap kita utamakan. Ini yang perlu saya sampaikan,” kata Nikolaus.

Katanya, kejaksaan juga akan berkoordinasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Victor Yeimo. Sebab, yang bersangkutan kabarnya memiliki riwayat penyakit tertentu.

“Mengenai kesehatannya pasti nanti kami koordinasi dengan dokter penyakit dalam, atau mungkin ada penyakit lain kita belum tahu,” katanya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *