Bila Ada Pungli Pengurusan E-KTP, Warga Merauke Diminta Melapor

Metro Merauke – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Merauke, Papua memastikan untuk memberikan pelayanan prima kepala masyarakat secara gratis. 

Guna mencegah terjadinya pungutan liar (pungli), Kepala Dinas Dukcapil Merauke, Paino, meminta warga untuk melaporkan apa bila menemukan adanya oknum pegawai maupun honorer di dinas tersebut yang melakukan pungli dalam pengurusan surat-surat penting.

Seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran maupun dokumen penting lainnya. 

“Kami tekankan tidak ada pungutan biaya apapun. Pengurusan dokumen sudah dipermudah dan tidak ada biaya atau pungutan sama sekali. Ketika ada muncul biaya silahkan melapor di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pasti akan kita tindak,” tegasnya kepada wartawan, Rabu (04/08/2021).

Keseriusan pihaknya untuk menindak pelaku praktik pungli telah dilakukan, terbukti, kata Paino, belum lama ini memberikan sanksi tegas untuk pegawainya yang kedapatan pungli. 

“Sudah kita temukan ada staf kami lakukan pungli dan langsung kita tindak tegas dengan mengembalikan uang yang dipungkut dari warga. Memang jumlahnya tidak seberapa, tapi hal itu sama sekali tidak dibenarkan. Kalau kita tidak mampu atasi akan kita bawa ke Inspektorat, atau kalau ada unsur pidana, kita laporkan ke Kepolisian,” bebernya.

Hal tersebut selaras dengan penekanan dari Dirjen yang telah mewanti-wanti, bahwa tidak ada biaya sepeserpun untuk mengurus dokumen penduduk.  

Pihaknya mengharapkan adanya kerjasama masyarakat agar kejadian serupa (pungli) tidak terjadi kembali di Disdukcapil. Caranya, untuk mengurus dokumen penduduk dimaksud, dengan mendatangi langsung Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.  

“Kadang masyarakat tidak mau pusing, dianggap kantor kami ribet dan cari jalan lewat calo lalu bayar, padahal datang sendi ke kantor akan mendapatkan pelayanan dengan mudah,” pungkasya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *