Peringatan HUT RI Ke-76 Ditengah Pandemi Dibatasi

Metro Merauke –  Peringatan HUT RI ke-76 akan berlangsung berbeda. Jelang peringatan HUT RI, berbagai persiapan di Kabupaten Merauke, Papua mulai dilakukan.

Persiapan diawali dengan pembentukan panitia serta membahas rencana kegiatan hingga kebutuhan anggaran.

Asisten III Setda Kabupaten Merauke, Jacobus Duwiri saat memimpin rapat mengatakan, puncak peringatan HUT RI tahun ini akan tetap digelar.

Namun rangkaian kegiatan hingga upacara detik-detik Proklamsi diselenggarakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dikatakannya, secara garis besar peringatan HUT RI di tengah pandemi berlangsung berbeda. Semisal, panitia yang terbentuk sebelumnya ada 16 seksi, kini telah dikurangi menjadi 9 seksi diluar sekreariat. Bahkan TNI-Polri dan Forkopimda tidak banyak yang dilibatkan di dalam.

Menurut Duwiri, hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona di daerah. Untuk itu, dengan momentum HUT RI, panitia diminta fokus memberikan pelayanan masyarakat di tengah pandemi.

“Merauke saat ini bisa dikatakan belum aman, berada pada level IV. Sehingga kita perlu waspada untuk menjaga kesehatan. Kita juga doakan, yang sakit segera sembuh dan dapat berkumpul dengan keluarga kembali,” ucap Duwiri, Selasa (03/08/2021).

Diketahui, dalam situasi sebelum pandemi Covid-19, berbagai kegiatan dapat digelar untuk mengisi bulan kemerdekaan. Mulai dari karnaval, berbagai perlombaan, bakti sosial, hiburan rakyat yang melibatkan banyak orang hingga puncaknya upacara peringatan detik-detik proklamai.

Kendati peringatan HUT RI tahun ini bakal berlangsung sederhana, Asisten III berharap, semangat dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menyambut bulan kemerdekaan, salah satunya dengan mengibarkan bendera merah putih dan umbul-umbul di depan rumah, toko, sekolah hingga perkantoran. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *