Pangkoopsau III Pimpin Sertijab Danlanud Merauke

Metro Merauke – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) III, Marsda TNI Bowo Budiarto, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) J.A Dimara Merauke, dari Kol (Pnb) Herdy Arief Budiyanto kepada Kol Agustinus Gogot Winardi.

Sertijab yang berlangsung di Lanud Merauke itu dilakukan tertutup, Jumat (30/07/2021).

Pangkoopsau Bowo Budiarto mengatakan, pergantian jabatan ini sebagai bentuk kesigapan pimpinan dalam merespons insiden kekerasan, yang melibatkan dua oknum TNI AU di Merauke, Senin (26/07/2021).

“Kita sudah melaksanakan perintah Panglima TNI berkaitan permasalahan ini,” kata Bowo Budiarto kepada wartawan di Merauke. 

Menurutnya, Panglima TNI sebagai pimpinan tertinggi konsentrasi dalam penanganan masalah itu. 

Ini dibuktikan dengan langkah hukum yang diambil, tidak lebih dari sehari setelah kejadian.

Tidak hanya memerintahkan proses hukum dua terduga pelaku, juga mengganti Danlanud J.A Dimara dan Dansat POM AU di sana. 

Katanya, langkah cepat itu untuk menghindari adanya pihak tertentu yang ingin memanfaatkan masalah tersebut, hingga dapat berdampak mengancam persatuan. 

“Ekses dari kejadian ini sangat berbahaya, kalau sudah ditunggangi dapat merusak persatuan dan kesatuan. Tentu kita tidak berharap seperti itu. Kita hadir untuk membuat teduh,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *