Hujan Deras, Sejumlah Titik di Merauke Banjir

Metro Merauke – Hujan deras yang mengguyur Merauke sejak Jumat siang (30/07/2021), mengakibatkan sejumlah titik di sana banjir.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Merauke, Marthen Ganna langsung mengecek sejumlah lokasi yang kebanjiran.

“Seperti di Jalan Gag, Jalan Nusa Barong dan di Pompa Air Muli. Daerah ini, di jalan-jalan sudah tergenang air,” kata Marthen Ganna.

Menurutnya, ada sejumlah titik di Kota Merauke yang sering dilanda banjir, saat hujan. Sebab, saluran air tidak berfungsi maksimal dan menyebabkan terjadinya genangan air. 

“Saat ini sudah gelap, Sabtu besok akan kita turunkan alat untuk membantu membuka penyumbatan saluran air,” ujarnya.

Stasiun BMKG Merauke mencatat, hujan yang terjadi di Merauke sejak pukul 13.00 WIT hingga malam hari, sebesar 125 milimeter dengan kategori lebat.

Bagian Prakirawan, Yunita mengatakan hujan lebat disertai guntur, diakibatkan adanya pengaruh tertentu. 

Misalnya, pengaruh global, di mana suhu muka laut di perairan Indonesia, khususnya Papua bagian selatan terpantau dalam kondisi hangat. Ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu untuk regional lanjut Yunita, secara umumnya arah angin bergerak dari tenggara dengan kecepatan 5 -15 knot. Namun, terpantau adanya perlambatan massa udara dari belahan bumi selatan menuju belahan bumi utara.

“Ini memicu adanya belokan angin dan pertemuan massa udara di Papua bagian selatan. Hal ini memicu pertumbuhan awan hujan di wilayah Papua bagian selatan,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengaruh lokal, dari analisis udara atas, terdapat potensi energi yang cukup besar dalam mendukung mekanisme pembentukan awan hujan, terutama awan konvektif seperti cumulus dan cumulonimbus.

“Kondisi hujan ini terpantau merata di Kabupaten Merauke,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *