Banyak Nakes Positif Korona, Dinkes Papua Rekrut Dokter dan Perawat

Metro Merauke – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua merekrut dokter, tenaga medis dan puluhan tenaga pembantu medis untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame mengatakan kini ada sejumlah rumah sakit di Papua yang kekurangan nakes. 

Sebab, dokter, perawat, dan tenaga penunjang di sejumlah rumah itu  positif Covid-19, sehingga mesti menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

“Untuk mengisi kekosongan di rumah sakit yang dokter dan perawatnya banyak terpapar Covid-19, kami merekrut tenaga dokter, perawat, bidan, tenaga analisis dan surveilens,” kata Robby Kayame, Selasa (27/07/2021).

Menurutnya,tenaga dokter yang telah direkrut Dinkes Papua sebanyak 50 orang, bidan dan perawat 300 orang, tenaga analisis 50 orang, dan survailens sebanyak 50 orang.

“Mereka ini kami peruntukkan untuk menggantikan dokter, perawat di beberapa rumah sakit karena terpapar korona, dan mesti isolasi mandiri,” ucapnya.

Katanya, rumah sakit di Papua yang kini membutuhkan tambahan nakes, di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura di Kota Jayapura, RSUD Jayapura, RSUD Yowari di Kabupaten Jayapura, Rumah Sakit Boven Digoel, RSUD Paniai dan beberapa lainnya.

“Setelah dokter dan perawat di rumah sakit itu sudah sembuh, dokter, dan tenaga perawat yang kami rekrut ini akan digeser lagi ke rumah sakit lain yang membutuhkan,” ujarnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *