Tata Cara Pelaksanaan PON Tunggu Keputusan Presiden Jokowi

Metro Merauke – Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, Yunus Wonda menyatakan tata cara pelaksanaan event olahraga empat tahunan di tengah pandemi korona, menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan, meski angka kasus Covid-19 di Indonesia, terutama Papua sebagai tuan rumah PON meningkat dalam beberapa waktu terakhir, namun pihaknya tetap mempersipkan pelaksanaan sesuai jadwal. 

Mengenai bagaimana pelaksanaan nanti, apakah tanpa penonton, ataukah jumlah orang yang hadir dibatasi, yang bisa memutuskan itu adalah Presiden Jokowi. 

“Sebagai panitia, kami tetap pada jadwal pelaksanaan, 2-15 Oktober 2021. Sebab, semua yang bisa putuskan PON seperti apa, adalah presiden. Kami dalam posisi sebagai panitia hanya melaksakan kesiapan PON,” kata Yunus Wonda, Jumat (23/07/2021).

Menurutnya, 70 hari menjelang pembukaan, PB PON Papua terus mempersiapkan segala sesuatunya. Tidak hanya peralatan, juga imbauan vaksinasi terhadap warga di sekitar venue.

Ini sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin warga di sekitar venue, divaksin korona sebelum pelaksanaan PON.

Sebab, mereka yang ingin menyaksikan pertandingan cabang olahraga PON secara langsung, mesti menunjukkan sertifikat vaksin.

“Ini bukan untuk apa, lebih pada bagaimana kualitas kesehatan kita sendiri. Ini menjadi prioritas kita karena PON di Papua sangat berat, sebab dilaksanakan di tengah pandemi korona. Kami butuh dukungan masyarakat Papua,” ujarnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *