Hasil Uji Sampel Menunjukan Varian Delta Telah Masuk ke Merauke

Metro Merauke – Varian Delta, yang merupakan satu di antara mutasi virus korona jenis baru, telah masuk ke Kabupaten Merauke, Papua.

Ini dibuktikan dengan hasil uji sampel yang dilakukan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan, di Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Miskita mengatakan, dari sejumlah sampel yang dikirim ke Puslitbangkes, sebagain besar terdeteksi virus korona varian Delta atau B.1.617.2.

“Dari 12 sampel yang kita kirim ke Jakarta untuk diperiksa, hasilnya menunjukan 10 sampel merupakan varian Delta,” kata Nevile Muskita kepada wartawan, Selasa (20/07/2021).

Menurutnya, pengiriman sampel virus Covid-19 ke Puslitbangkes dilakukan, setelah terjadi peningkatan kasus korona yang signifikan di Merauke. 

Peningkatan kasus itu memunculkan dugaan varian Delta telah menyebar di sana.

“Sekarang terjawab. Hasil pemeriksaan sampel yang dikirim, menunjukkan banyak yang terpapar varian Delta. Ini dapat diartikan 80 persen penularan korona merupakan varian Delta,” ucapnya.

Nevile Muskita mengatakan, varian Delta yang telah masuk ke Merauke, memiliki tingkat penularan lebih tinggi.

Untuk itu, warga diminta lebih meningkatkan kewaspadaan, dengan mengurangi mobilitas di tengah penerapan pembatasan aktivitas masyarakat.

Terpenting, disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *