120 Hewan Kurban Dipotong di RPH Merauke Selama Dua Hari

Metro Merauke – Sedikitnya sebanyak 120 ekor sapi kurban dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Merauke, Papua selama dua hari.  

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Merauke, Retno, menyebut, sebanyak 58 ekor sapi dipotong pada hari pertama, Selasa (20/07/2021), dan 62 ekor lainnya pada Rabu (21/07/2021).

Menurutnya, masyarakat Merauke dan pengurus masjid antusias memanfaatkan RPH sesuai fungsinya. Sebab, RPH menjamin kesehatan daging yang akan dikonsumsi. 

Retno menjelaskan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban, sebelum dan sesudah dipotong, pihaknya melakukan pemeriksaan. Daging hewan kurban harus benar-benar bebas dari penyakit.

Katanya, sehari sebelum Idul Adha, petugas dikerahkan melakukan pemeriksaan ratusan hewan kurban di sejumlah daerah. Dari hasil pemeriksaan diketahui, seluruh hewan kurban layak.

Pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan di Distrik Merauke, sebanyak 347 ekor sapi dan 76 kambing, Distrik Ulilin sebanyak 27 ekor sapi dan lima ekor kambing, Distrik Elikobel 18 ekor sapi, Distrik Muting 23 ekor sapi.

Di Distrik Jagebob 54 ekor sapi dan empat ekor kambing yang diperiksa, Distrik Semangga 70 ekor sapi dan 38 kambing, Distrik Malind 27 ekor sapi, Distrik Kurik 52 ekor sapi dan 20 ekor kambing, dan Distrik Tanah Miring 90 ekor sapi dan satu ekor kerbau. 

“Seluruh hewan yang diperiksa sebanyak 708 ekor sapi, 1 ekor kerbau serta 175 ekor kambing layak dikurbankan,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *