Dua Petugas Pasar Wamanggu Dinyatakan Positif Covid-19

Metro Merauke – Dua orang petugas Pasar Wamanggu, Kota Merauke, Kabupaten Merauke, Papua dinyatakan positif Covid-19 dengan menggunakan metode pemeriksaan rapid antigen, Sabtu (17/07/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Muskita mengatakan, sebanyak 41 petugas Pasar Wamanggu menjalani pemeriksaan antigen pada hari ini. Dua di antaranya dinyatakan positif korona.

Rapid antigen terhadap seluruh petugas pasar dilakukan, pascapenutupan Pasar Wamanggu sehari sebelumnya. 

Rapid antigen ini sebagai upaya deteksi dini dan memutus penyebaran virus korona di kabupaten itu. 

“Kedua [petugas pasar] yang positif diminta menjalani isolasi mandiri,” kata Nevile Muskita, Sabtu (17/07/2021).

Sementara itu, Kepala Pasar Wamanggu, Rudyono menjelaskan, puluhan petugas pasar yang menjalani rapid antigen di antaranya, petugas kebersihan, petugas kantor, securiti maupun aparat yang berjaga di pos pasar.

Katanya, penutupan aktivitas Pasar Wamanggu berlangsung selama tiga hari, dan baru kembali beroperasi, Senin (19/07/2021).

Penutupan pasar dilakukan menyusul adanya petugas yang terpapar Covid-19, dan seorang pedagang meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif korona.

“Penutupan pasar juga bertujuan untuk dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan,” katanya. 

Kepala Pasar Wamanggu mengajak petugas, pedagang dan pembeli disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Data pesebaran Covid-19 di Merauke hingga, Sabtu (17/07/2021), tercatat sebanyak 452, atau meningkat 12 kasus. Sebanyak 31 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sedangkan mereka yang terinveksi, kini ada di antaranya menjalani perawatan di RSUD Merauke, juga melakukan isolasi mandiri. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *