DPR Papua Diharap Menjadi Rumah Aspirasi Rakyat yang Sesungguhnya

Metro Merauke – Ketua Kelompok Khusus DPR Papua, John NR Gobai berharap, ke depan lembaga DPR Papua benar benar menjadi rumah aspirasi rakyat.

Katanya, kelompok manapun yang hendak menyampaikan aspirasinya, mesti diterima. Sebab DPR Papua adalah tempatnya.

“Ke depan, saya berharap Papua benar benar menjadi rumah aspirasi rakyat. Kalau ada aspirasi dari kelompok mana pun, inilah tempatnya. Aspirasi itu akan kami tindaklanjuti sesuai kewenangan kami,” kata John Gobai, Rabu (14/07/2021).

Selain itu menurutnya, perlu kooridnasi antara pihak kepolisian dengan DPR Papua, sehingga ketika ada kelompok atau massa yang hendak menyampaikan aspirasi ke lembaga dewan, dapat difasilitasi.

“Diatur agar ada yang datang menyampaikan aspirasi dan dikawal polisi, dan kembali dengan baik ke rumah,” ucapnya.

Ia mengatakan, UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum mesti dihormati. Sebab, orang yang berorasi, berpendapat di muka umum bukan berarti akan membunuh orang lain.

Ia juga berharap, ketika ada kelompok masyarakat yang akan menyampaikan pendapatnya ke DPR Papua, jangan hanya berkoordinasi dengan polisi. 

Akan tetapi, juga berkoordinasi dengan DPR Papua agar lembaga dewan mempersiapkan diri menerima kelompok yang akan menyampaikan aspirasinya.

“Kami bisa siap menerima mereka. Jangan tiba tiba ada aksi dan kita saling lempar tanggung jawab. Jadi saatnya DPR Papua menjadi rumah yang menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat,” kata John Gobai.

Juru Bicara Kelompok Khusus DPR Papua, Yonas Nusi menambahkan, jika kelompok yang akan menyampaikan aspirasi berkoordinasi dengan pihak di lembaga dewan terlebih dahulu, dapat dibicarakan mengenai rencana penyampaian aspirasi itu.

“Dengan begitu, mereka datang dengan baik dan pulang secara baik. Juga jangan melalukan tindakan atau membawa simbol simbol yang akan merugikan mereka sendiri,” kata Yonas Nusi. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *