Pekan Layanan Publik, SKIPM Merauke Manjakan Setiap Pengunjung

Metro Merauke – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu (SKIPM) Merauke, Papua, terus berinovasi dalam melayani pengguna jasa karantina ikan dalam penerbitan sertifikat kesehatan ikan dan produksi perikanan yang dikirim dari Merauke.

Sudah dua pekan ini Stasiun KIPM menyelenggarakan Pekan Pelayanan Publik yang dilaunching 23 Juni lalu.

Untuk memberikan rasa nyaman, ruang pelayanan didesain unik dan menarik. Terdiri dari ruang menyusui atau laktasi, ruang bermain anak, area khusus untuk merokok hingga internet gratis.
Tak sampai disitu, selama sepekan, Stasiun KIPM Merauke juga menyediakan souvenir, snack, dan minuman gratis kepada penerima layanan karantina ikan.

Menariknya, di tengah masa pandemi, aneka minuman herbal juga disajikan. Semisal jamu beras kencur, air jahe, jus jeruk serta jajanan tradisional sebagai pelengkapnya.

Dikatakan Kepala SKIPM Merauke, Nicmatul Rochmah, pekan pelayanan publik ini dimanfaatkan sebagai wahana mensosialisasikan pentingnya jaminan kesehatan ikan dan produk perikanan melalui penyebaran brosur-brosur kepada masyarakat.

“Stasiun KIPM Merauke juga mengenalkan hasil inovasi mandiri kepada para penerima layanan karantina ikan, berupa aplikasi Sistem Informasi Karantina Ikan Merauke (SiNamek). Aplikasi SiNamek dapat diunduh di http://merauke.bkipm.id,” ujarnya, Sabtu (10/7).

Katanya, lewat aplikasi tersebut, pelaku usaha perikanan yang akan mengirimkan produk perikanan ke luar daerah dapat melaporkan melalui PPK Online.

“Walaupun aplikasi kami masih terlihat sederhana, namun manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, terutama pelaku usaha perikanan yang telah terdaftar,” ujarnya.

Diketahui, dalam pekan layanan publik tahun 2021, pihaknya juga memberikan reward kepada Pelaku Usaha Perikanan UD. Merauke Crab, karena aktif dalam membantu perekonomian masyarakat dan melakukan ekspor produk perikanan berupa kepiting ke Hongkong dan Singapura.

“Reward juga diberikan untuk petugas pelayanan terbaik yang dinilai langsung para penerima layanan. Termasuk reward bagi Tim AVSEC Bandara Mopah telah bekerjasama dalam membantu pengawasan produk perikanan,” bebernya.

Kepala Stasiun KIPM Merauke mengapresiasi pengguna layanan yang telah memberikan penilaian. Dimana, hasil dari indeks kepuasan masyarakat di triwulan kedua, SKIPM memperoleh nilai 87,04 dengan predikat kinerja “Baik”. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *