Langkah Bupati Merauke Cegah Penyebaran Covid-19, Closed Perjalanan Luar Daerah hingga Penguatan Sosialisasi

Metro Merauke – Tingkat penyebaran virus corona di Kabupaten Merauke, Papua terus meningkat tajam. Dengan jumlah ratusan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebar dibeberapa distrik. Seperti Distrik Merauke, Semangga, Tanah Miring, Kurik, Jagebob, Elikobel, Ulilin, Kaptel dan Malind.

Diketahui, dari 20 distrik di Merauke, terdapat sejumlah distrik lainnya yang masih bebas dari penyebaran Covid-19.

Terkait hal tersebut, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayahnya. Setelah sebelumnya mengeluarkan surat edaran dengan pembatasan aktivitas masyarakat, disusul pengurangan frekuensi penerbangan di Bandara Mopah Merauke.

Bupati kemudian mengintruksikan larang bagi aparatur sipil negara (ASN) setempat melakukan perjalanan luar daerah.

“Bicara perjalanan dinas keluar, kita close. Tidak ada pegawai yang perjalanan ke luar,” ucapnya kepada wartawan usai memimpin rapat tim terpadu penanganan Covid-19, Sabtu (10/7).

Tak hanya itu, guna menjaga agar wabah virus corona tidak semakin meluas sampai masuk ke kampung-kampung, pegawai yang melakukan perjalanan dinas ke distrik-distrik pun dibatasi, termasuk diwajibkan melakukan pemeriksaan antigen terlebih dahulu.

“Tidak banyak yang melakukan perjalanan dinas, cukup 2 sampai 3 orang saja. Ini hal-hal penting yang harus dilakukan,” katanya.

Setelah melakukan sejumlah langkah tersebut, bupati Romanus Mbaraka juga meminta Dinas Kesehatan untuk memetakan pesebaran Covid-19 berdasarkan domisili. Hal itu untuk memastikan data masyarakat, sekaligus memudahkan tim terpadu melakukan pengecekan terhadap keluarga yang terpapar maupun sosialisasi bahaya Covid-19 di lingkungan sekitar.

Pada kesempatan itu bupati mengapresiasi keterlibatan TNI dan Polri, ikut mendukung program pemerintah memberikan vaksinasi secara massal bagi ribuan warga di Merauke.

Bupati meminta lapisan masyarakat ikut bahu membahu dalam pencegahan penyebaran virus corona. Caranya, mematuhi anjuran pemerintah serta disiplin protokol kesehatan. Mulai memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan banyak orang. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *