Nakes Kewalahan Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19

Metro Merauke- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, Papua, dr Yenny Mahuze mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah kewalahan dengan adanya lonjakan pasein Covid-19 yang terus meningkat.

Terlebih lagi, katanya, diketahui ada sejumlah tenaga kesehatan yang ikut terpapar Covid-19. Hal tersebut membuat jam kerja bagi mereka pun menjadi panjang.

“Tenaga medis di RSUD mulai berkurang, karena ada yang terkonfirmasi dan kontak erat dengan pasien. Saat ini sudah kita tutup layanan polik gigi. Sementara ada 20 an tenaga di RSUD terkonfirmasi, belum lagi akan kita periksa tenaga di Tata Usaha (TU),” bebernya.

Ia menjelaskan, terus meningkatnya pasien Covid-19, RSUD Merauke telah membuka tenda untuk menampung dan melayani pasien. “Saat ini yang dirawat di RSUD ada 47 pasien. Semua ruangan sudah penuh, kita buka tenda di depan IGD dan tempatkan pasien,” terangnya.

Selain itu, lonjakan kasus ini juga membuat ketersediaan oksigen mulai terbatas. Dimana dalam sehari pihaknya memproduksi oksigen sebanyak 15 tabung, sedangkan kebutuhan perhari saat ini meningkat hingga 100.

“Kita sudah koordinasikan dengan bupati terkait penambahan anggaran lagi untuk oksigen. Masalah ini terjadi juga di daerah-daerah lain,” jelasnya.

Diketahui data pesebaran Covid-19 di Merauke, Senin (5/7), sebanyak 336 terkonfirmasi. Selain menjalani perawatan di RSUD, sebagian diantaranya tengah menjalani isolasi mandiri. Bagi pasien dengan gejala ringan, isolasi dapat dilakukan di rumah maupun di tempat-tempat yang telah disediakan pemerintah daerah.

“Kalau pasien dengan kondisi berat dan sedang harus dirawat di RSUD. Ada ratusan pasien lakukan isolasi mandiri, paling banyak minta di rumah sendiri dan ada juga di hotel yang disediakan pemerintah. Kalau isolasi di rumah harus tempatnya memadai,” terangnya.

Ditambahkan, mulai Selasa esok, di tempat isolasi mandiri atau di hotel yang disiapkan pemerintah, ditempatkan 2 tenaga medis untuk memantau kesehatan pasien. “Misalnya, kalau ada yang gejalanya semakin memburuk akan langsung dijemput dan dibawa ke RSUD,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *