12 Pelajar Merauke Timba Ilmu di Jawa Timur

Metro Merauke – Sebanyak 12 siswa lulusan SMP asal Merauke, Papua mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Belasan anak-anak Merauke ini akan menimba ilmu, melanjutkan pendidikan di SMA Madiun serta SMA Malang, Jawa Timur.

“12 anak asli Merauke secara langsung dijemput Kepsek SMA Madiun dan Malang. Pihak sekolah datang langsung, supaya duduk sama-sama dengan orang tua dan siswa untuk membangun komunikasi serta koordinasi, dan silaturahmi perkembangan anak-anak kita yang sekolah di sana (Jatim),” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Thiasony Betaubun kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (2/7).

Dijelasakannya, ke 12 anak Merauke ini merupakan siswa pilihan dari sejumlah sekolah yang tersebar di Kabupaten Merauke. Selama menempuh pendidikan 3 tahun di Jawa Timur, seluruh biaya hidup mereka ditanggung pemerintah.

“Mereka ini ada yang lulusan SMP dari Kimaam, Urumb, Sota maupun distrik lainnya di Merauke,” jelasnya.

Betaubun menerangkan, program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) ini telah berjalan beberapa tahun lalu. ADEM merupakan program nasional dalam percepatan pembangunan Papua. Dengan tujuan, mencerdaskan generasi bangsa dengan instrumen anak asli Papua melanjutkan pendidikan ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

“Sejauh ini anak-anak kita yang pergi ke sana (Jawa Timur) rata-rata berhasil. Mampu berkompetisi dengan pelajar lainnya di wilayah barat. Setelah lulus, mereka langsung diterima di sejumlah perguruan tinggi, bahkan ada yang sampai ke luar negeri,” bebernya.

Mengetahui besarnya potensi peningkatan SDM Papua, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke mengusulkan adanya penambahan kuota ADEM untuk di daerah. “Selama ini kuota untuk Merauke 12 anak, kita akan usulkan agar ada penambahan kuota. Program ini sangat baik. Selain ADEM, ada juga program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) bagi anak Papua,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *