Pantau Kesehatan Lebih Awal dari Aplikasi Mobile JKN

Metro Merauke – BPJS Kesehatan terus mendorong peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), untuk terus melakukan pengecekan atau screening mandiri lebih awal kesehatannya lewat aplikasi Mobile JKN.

Kabid SDMUKP Cabang Merauke, Itar Prihartono menjelaskan, melalui fitur layanan yang dikembangkan tersebut, BPJS Kesehatan berharap, peserta JKN-KIS dapat memantau kondisi kesehatannya lebih awal, kemudian dapat melakukan upaya pencegahan.

Aplikasi yang sudah dibuat 3 tahun tersebut terus digaungkan, untuk mengingatkan peserta maupun masyarakat agar lebih memahaminya. “Fitur ini dapat mendeteksi gejala penyakit kronis. Manfaatnya, bila mengetahui sejak awal kesehatan, kemudian dapat melakukan pencegahan,” ujar Itar kepada wartawan disela-sela Media Gathering, Kamis (24/6).

Dikatakan Itar, di masa pandemi, kondisi kesehatan peserta JKN KIS menjadi prioritas. Untuk itu BPJS Kesehatan mendorong peran aktif peserta untuk dapat melakukan screening mandiri.

Caranya, lanjut Itar, peserta JKN-KIS yang sudah mengaktifkan Mobile JKN dapat langsung memilih fitur Skrining Mandiri dan dilanjutkan dengan mengisi identitas maupun menjawab berbagai pertanyaan di dalam aplikasi.

“Di sini dibutuhkan kejujuran untuk menjawab pertanyaan dalam aplikasi. Dengan mengetahui kondisi kesehatan, kita bisa melakukan upaya pencegahan. Untuk kesehatan, kita perlu mengatur pola makan maupun pola hidup yang lebih baik,” tuturnya.

Diketahui, dalam Media Gathering BPJS Kesehatan bersama sejumlah media di Merauke, terlebih dahulu dilakukan swab antigen guna memastikan seluruh peserta bebas Covid-19. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *