Naik Drastis, Kumulatif Covid-19 Di Merauke Tembus 1.034 Kasus

Metro Merauke – Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Merauke, Papua, kembali mencatat adanya penambahan kasus baru dengan jumlah tertinggi dalam sehari.

Rabu (23/6), dilaporkan bertambah 65 kasus, sehingga menjadi 111 orang. Baik dalam perawatan di RSUD Merauke maupun menjalani isolasi mandiri di Hotel Akat. Data tersebut membuat daftar panjang kumulatif yang sudah terkonfirmasi di Merauke mencapai 1.034.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Muskita mengatakan, penambahan kasus baru sehari ini tergolong tinggi dibanding waktu lainnya. Yakni mencapai 65 pasien baru dan 1 pasien Covid-19 meninggal dunia.

“Yang terpapar hari ini cukup banyak. Didominasi pelaku perjalanan maupun kontak erat dengan pasien terkonfirmasi,” ujarnya kepada wartawan.
Diungkapkannya, laju kasus corona di daerah sempat rurun di Bulan Mei hingga awal Juni. Namun, kasus Covid-19 kembali naik secara drastis dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan, adanya lonjakan pasien baru Covid-19, kata dr Nevile, dilakukan penambahan kapasitas tempat tidur untuk menampung pasien Covid-19 yang harus menjalani perawatan di RSUD Merauke.

“Sudah dilakukan penambahan tempat tidur sebanyak 40 bed dan mulai difungsikan kembali Hotel Akat sebagai tempat isolasi mandiri. Kemungkinan masih akan terus bertambah,” bebernya.
Dan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19, katanya, akan dikirim sampel ke Puslitbangkes.

Menurut Nevile, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk menekan lonjakan Covid-19. Berdasarkan hasil pertemuan bersama, dimungkinkan adanya pembatasan kegiatan masyarakat. “Akan dikeluarkan dalam bentuk edaran maupun peraturan bupati, lagi dirumuskan aturan pembatasan aktivitas masyarakat untuk kembali diberlakukan,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *