Pemkab Berupaya Menekan Lonjakan Covid-19

Metro Merauke – Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Papua, Ruslan Ramli mengajak lapisan masyarakat untuk terus bersinergi dalam menekan penyebaran Covid-19 di daerah. Termasuk upaya mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 varian baru di wilayah itu.

“Kita tidak berharap varian baru virus Covid-19 sampai masuk di Merauke,” ucapnya kepada wartawan, Selasa (22/6).

Menurut Sekda, saat ini lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi. Data pesebaran Covid-19, Selasa (22/6), ada 48 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang tengah menjalani perawatan medis maupun melakukan isolasi mandiri. Karenanya, kata Ruslan Ramli, perlu langkah antisipasi dengan memperketat penerapan protokol kesehatan.

Termasuk, lanjutnya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan terus berkoordinasi dengan Litbangkes Pusat terkait identivikasi varian baru.

“Tentu Pemerintah Daerah tidak tinggal diam melakukan upaya menekan Covid-19. Bupati juga konsen memantaunya, peningkatan Covid karena adanya pelaku perjalanan dari luar,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Muskita mengungkapkan, Litbangkes Pusat siap menerima dan memeriksa sampel yang dikirim dari daerah sepanjang telah memenuhi kriteria untuk identivikasi varian baru.

“Kita memang belum kirim, baru sebatas komunikasi, kalau kita kirim untuk periksa ke pusat, Litbangkes Pusat siap yang penting memenuhi kriteria,” jelasnya.

Dijelaskan, alat PCR yang ada di daerah hanya untuk mengetahui kondisi kesehatan positif maupun negatif Covid-19, dan tidak untuk mendeteksi varian baru.

“Untuk memeriksa sampel yang dicurigai tentu ada kriterianya, tidak semua sampel dikirim. Semisal, pelaku perjalanan dari luar negeri maupun penyintas kemudian terinvensi Covid kembali. Jadi, sejauh ini belum ada yang dikirim, kita baru lakukan koordinasi,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan kembali mengajak warga Merauke untuk bersama-sama menjaga protokol kesehatan. Mulai memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan banyak orang.

“Disiplin menjalankan prokes menjadi kunci utama untuk menekan laju penularan, upaya yang lain sifatnya harus mendukung penerapan prokes tersebut,”tuturnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *