Kini Berbayar, Pemotongan Hewan Kurban di RPH

Metro Merauke – Rumah Potong Hewan (RPH) Merauke, Papua, menjadi tempat yang disarankan pemerintah daerah untuk melakukan pemotongan hewan kurban Idul Adha 2021 di masa pandemi Covid-19.

Namun, berbeda dengan waktu sebelumnya. Bila pemotongan hewan kurban di RPH Mopah, Merauke yang semula gratis. Maka, pada Idul Adha tahun ini telah dikenakan tarif untuk setiap pemotongan hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, drh. Retno membenarkannya. Dimana, adanya perubahan ketentuan tersebut pun telah mendapat persetujuan dan disepakati pengguna jasa RPH dalam pertemuan bersama, termasuk diketahui pengurus masjid di daerah.

“Memang tidak seperti tahun sebelumnya, karena anggaran kita terbatas, tapi kita tetap melayani pemotongan di RPH, cuma ada beban yang harus dibayar pengguna jasa,” terangnya kepada Metro Merauke, Sabtu (19/6).

Sementara itu, terkait kesehatan hewan kurban, menurut Retno, pihaknya telah menyiapkan tim pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan untuk dijadikan kurban.

“Dengan ketersediaan anggaran kami akan tetap turun keliling melakukan pemeriksaan. Baik sebelum maupun setelah pemotongan dilakukan. Petugas di 7 Puskeswan dari distrik akan dikerahkan melakukan pemeriksaan.

“Iya benar, baru tahun ini pemotongan hewan kurban Idul Adha di RPH berbayar, “ katanya.

Diuraikannya, terkait besaran biaya pemotongan diketahui variatif, tergantung keinginan pengguna jasa. Mulai dari Rp250.000 untuk pengulitan satu ekor sapi hingga Rp500.000 untuk pemotongan hingga packing hewan korban.

“Ada beberapa permintaan dari yang berkurban, seperti hanya dikuliti atau bahkan sampai rampung semuanya dan di-packing, besaran biayanya berbeda dan itu sudah disepakati,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *