Ketersediaan Hewan Kurban di Merauke Mencukupi

Metro Merauke – Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, drh. Retno menegaskan, ketersediaan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah mencukupi.

Diketahui, ketersediaan hewan kurban hampir tersebar di sejumlah wilayah di Merauke. Bahkan, kata Retno, mendekati hari Raya Idul Adha, telah ada permintaan hewan kurban, seperti sapi, untuk dikirim ke luar daerah, salah satunya Kabupaten Asmat.

“Ketersediaan hewan kurban di Merauke cukup. Merauke juga sudah beberapa kali keluarkan hewan kurban ke luar daerah setelah ada permintaan resmi dari daerah. Seperti saat ini sudah ada permintaan hewan kurban untuk Kabupaten Asmat,” terangnya.

Terkait hewan kurban, lanjutnya, telah ada ketentuan, adanya larangan pemindahan maupun penyembelihan betina produktif. “Hewan kurban yang akan dikirim ke luar sudah kita periksa kesehatannya terlebih dahulu. Pastinya tidak boleh betina produktif,” ujarnya.

Ditambahkan, Dinas Peternakan akan menjalankan prosedur tetap untuk memastikan hewan kurban yang tersedia di pasaran dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Tak kalah penting, pihaknya juga merasa perlu melakukan sosialisasi kepada para pengurus masjid di daerah, terkait hal-hal yang diwajibkan dalam perawatan hewan kurban sebelum dipotong.

“Sebelum hewan dipotong akan diperiksa dulu oleh petugas, apakah hewan tersebut layak atau tidak. Pemeriksaan terus dilakukan sebelum dan sesudah dipotong,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *