Untuk Perdagangan, PLBN Sota Dibuka 3 Kali Seminggu

Metro Merauke – Terhitung sejak satu bulan terakhir pemerintah telah membuka perbatasan Sota, Merauke, Papua, dengan jadwalnya 3 kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu dan Jumat pasca ditutup beberapa waktu akibat mewabahnya Covid-19.

Dikatakan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah, Elias Mite, kendati PLBN Sota belum diresmikan, pembukaan perbatasan Sota khusus untuk orang dan barang, telah lebih dulu dilakukan berdasarkan pertimbangan kemanusian.

“Perbatasan Sota dibuka lebih dulu dari pada di Skow, Jayapura. Dengan pertimbangan, adanya surat dari pemerintah PNG meminta Pemerintah Kabupaten Merauke untuk buka perbatasan, mengingat adanya beberapa kampung di PNG menggantungkan pemenuhan kebutuhan pokoknya dari Sota, Merauke,” jelasnya kepada wartawan.

Ditambahkan, pembukaan perbatasan Sota saat ini baru sebatas untuk jalur lintas orang dan barang. Sedangkan untuk aktivitas ekspor-impor, katanya, masih harus menunggu keputusan dari pemerintah ke dua negara.

“Selama pandemi Covid-19 kita pernah tutup PLBN Sota. Untuk masyarakat umum kita sudah buka datang berkunjung. Sedangkan untuk manusia dan barang dari PNG maupun sebaliknya baru 1 bulan dibuka, ini untuk kepentingan kemanusian, mengingat di Weam dan Mohet PNG jauh sekali dan terisolir sehingga kita bantu,” jelasnya.

Elias Mite memastikan, pembukaan perbatasan untuk orang dan barang antar dua negara RI-PNG, harus mematuhi seluruh ketentuan yang berlaku serta protokol kesehatan terkait Covid-19.

“Pastinya pengawasan diperketat terkait pencegahan Covid-19. Dan pastinya, pelintas batas hanya sampai di pasar Sota tidak boleh sampai ke kampung, apalagi ke kota, sampai kedapatan akan diproses. Dengan dibukanya arus barang dan manusia sekaligus untuk membantu peningkatan ekonomi warga di perbatasan di tengah pandemic,” tuturnya.

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah menyebut, PLBN Sota direncanakan tahun ini akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Sembari menunggu diresmikan, katanya, perlu dilakukan pemeliharaan dan perbaikan PLBN Sota.

“Kita tetap sesuaikan dengan agenda Presiden. Diusahakan tahun ini PLBN Sota diresmikan Presiden Joko Widodo,” tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *