Sawfish Indonesia Serukan Lindungi Ikan Pari Gergaji

Metro Merauke – Sawfish Indonesia, merupakan komunitas konservasi pemuda yang berupaya melindungi ikan gergaji dari kepunahan terus melakukan program-program sosial bersama masyarakat di Merauke, Papua.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan menggandeng Bagian Hukum Setda Merauke lewat Pojok Hukum bersama The Noken Show, melalui kegiatan Talkshow Inspiratif. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Bagian Hukum Setda Merauke, Victor Kaisiepo.

“Kita tahu kalau ikan pari gergaji ternyata banyak ditemukan di Merauke. Ini ikan dilindungi penuh oleh pemerintah. Sudah tidak boleh ada lagi yang memanfaatkannya, apalagi dijual secara illegal. Kami berharap dengan adanya kolaborasi dengan Pemda, kami bisa menyampaikan pesan ke masyarakat secara luas, bahwa ikan gergaji ini sudah sangat terancam punah dan perlu melindunginya bersama–sama,” terang GIS Specialist dari Sawfish Indonesia, Dicky Nugroho.

Winona, The Noken Show, mengapresiasi upaya dari Sawfish Indonesia lewat penelitian untuk hewan dilindungi.
Menurutnya, kolaborasi Sawfish Indonesia bersama pemerintah dapat menjadi wahana yang tepat sekaligus menyebarkan semangat kepada pemuda Indonesia, untuk terus berbagi ilmu dan memberi dampak baik bagi lingkungan sekitar.

“Luar biasa sekali, karena mereka ini masih sangat muda tapi memiliki semangat tinggi dalam bidang penelitian untuk biota laut yang dilindungi seperti ikan pari gergaji,” ujarnya.

Diketahui, Sawfish Indonesia telah melaksanakan berbagai program sosial dan penelitian ilmiah, yang bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat lokal Merauke tentang perlindungan ikan pari gergaji.

Ikan pari sendiri memiliki kekhasan. Mulai dengan bentuk moncongnya yang mirip gergaji. Seringkali ditemukan tertangkap secara tidak sengaja pada saat penangkapan menggunakan jaring, ikan pari ikut tersangkut di jaring para nelayan. Sehingga, saat ini populasinya terus berkurang dan terancam mengalami kepunahan.

Pada kesemaptan itu tim Sawfish Indonesia mengharapkan, masyarakat, khususnya pemuda Merauke memiliki semangat dalam melindungi sumber daya laut Merauke agar tetap lestari. (**)
Penulis: Iis Susiani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *