DPRD Merauke Apresiasi Dukungan Pemprov Papua untuk PPS

Metro Merauke – Adanya deklarasi perjuangan pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) yang dilakukan 4 bupati, DPRD bersama komponen masyarakat selatan Papua, yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel. Dukungan untuk pemekaran PPS pun datang dari Pemerintah Provinsi Papua.

Terkait dukungan percepatan pemekaran PPS yang disampaikan Sekretaris Daerah Papua, Dance Yulian Flassy. Lewat pemekaran, memperpendek rentan kendali pemerintahan, pembangunan segala bidang semakin lebih baik ke masyarakat.

Dengan adanya dukungan dari Pemrov Papua untuk pemekaran Provinsi Papua Selatan, mendapat apresisiasi tesendiri dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Benjamin Latumahina.

Pasalnya, dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintahan di provinsi, menjadi pemacu dan memotivasi dalam percepatan pembentukan PPS yang memang telah lama dirindukan masyarakat di selatan Papua.

“Saya apresiasai terhadap Sekda Papua, Dance Yulian Flassy atas pernyataan memberikan dukungannya bagi kami di selatan Papua yang telah 19 tahun memperjuangkan PPS. Dengan dukungan itu, kita berharap PPS segera bisa devenitif,” ujar Latumahina, Jumat (18/6).

Menurutnya, dukungan Sekda Papua akan perjuangan pemekaran PPS sangat beralasan dan bukan dukungan biasa. Adanya pemekaran PPS dipandang penting, sebagai salah satu solusi percepatan pembangunan disegala bidang.

“Saya pikir sebagai Sekda tahu persis tugas yang diembannya dan paham bagaimana menyusun kebijakan pemerintahan, menyelenggarakan administrasi pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, dari ekonomi hingga pembangunan segala bidang. Dan lewat pemekaran, dapat memperpendek rentan kendali pemerintahan. Masyarakat akan merasakan pembangunan dengan baik dan potensi sumber daya akan dimaksimalkan,” jelasnya.

Legislator dari Fraksi NasDem ini juga berharap, percepatan pemekaran PPS hendaknya pun mendapat dukungan dari DPRP maupun MRP, sehingga bersama-sama ikut mendorong terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS).

“Kita juga mohon dukungan di provinsi, baik Legislatif maupun MRP untuk ikut mendorong perjuangan pemekaran PPS demi generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Diketahui, baru baru ini empat kepala daerah dari Kabupaten Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi mendeklarasikan PPS. Deklarasi dilakukan dalam rapat akbar yang juga dihadiri tokoh Papua selatan, Johanes Gluba Gebze dan komponen masyarakat lainnya, sekaligus ditandai dengan pembubuhan tanda tangan di atas kain putih, sebagai bentuk dukungan percepatan pembentukan Provinsi Papua Selatan.

Johanes Gluba Gebze menegaskan, perjuangan pembentukan Provinsi Papua Selatan telah dilakukan sejak 2002 silam. Ia meminta perjuangan besar yang menjadi harapan masyarakat selatan Papua untuk terus dilanjutkan dan diselesaikan hingga terwujudnya DOB Provinsi Papua Selatan.

“Bagi pejuang, jangan menyerah sebelum berperang. Kita sudah kerja dari tahun 2002, dan itu sebuah perjalanan. Semoga itu akan mematangkan kita untuk mencapai pekerjaan rumah yang belum selesai. Saya tegaskan, lanjutkan dan selesaikan supaya Papua Selatan ini bisa terbentuk,” tuturnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *