Di Tangan Untung Sangaji, Limbah Sawit Jadi Bernilai Ekonomi

Metro Merauke – Adalah Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji, seakan tak habis akal untuk terus berkreasi dengan segudang inovasi yang dimiliki. Sukses melatih warga lewat home industri berupa kerajinan membuat kancing baju dengan bahan utama limbah batok kelapa.

Genap delapan bulan bertugas di Merauke, Untuk Sangaji kembali menampilkan hasil memukau lainnya dari pemanfaatan limbah kelapa sawit menjadi batu bata yang unik dan menarik, sehingga memiliki nilai ekonomi tersendiri.

Dikatakannya, pengolahan limbah sawit hingga menjadi batu bata tersebut, setelah dirinya melakukan pengujian terlebih dahulu selama berbulan-bulan. Alhasil, batu bata unik dan manarik itu berhasil ia ciptakan.

“Siapa sangka, cangkang kelapa sawit (palm kernel shell), merupakan limbah hasil olahan pabrik kelapa sawit menjadi batu bata cantik,” ucapnya.

Ia mengklaim batu bata hasil karyanya itu pun memiliki kualitas sangat baik. Sehingga layak dipergunakan warga untuk membangun rumah. Bahkan, ia juga menyakini, hasil dari pembuatan batu bata limbah sawit mampu membantu peningkatan ekonomi masyarakat, terlebih di tengah masa pandemi Covid-19.

Untung Sangaji menyebut, saat ini tersedia 200 ton lebih cangkang kelapa sawit dari perusahaan kelapa sawit yang berinvenstasi di Merauke. Nantinya, dengan memggiatkan warga setempat, limbah akan diolah. Tentunya, warga dilatih terlebih dahulu menjadi perajin batu bata.

“Alhamdulilah, kita akan latih warga membuat batu bata dari bahan limbah sawit. Bahannya sangat banyak tersedia. Hasilnya bisa kita lihat, sangat bagus dan menarik, bisa dipakai untuk membangun rumah sendiri ataupun dijual,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *