DPR Papua Paripurnakan Kajian Otsus dan Aspirasi Masyarakat

Metro Merauke – DPR Papua memparipurnakan kajian Pansus Otsus lembaga itu, dan berbagai aspirasi masyarakat yang selama ini disampaikan kepada dewan.

Dalam paripurna yang digelar, Selasa malam (15/06/2021), fraksi di DPR Papua juga menyampaikan pendapatnya, berkaitan dengan tahapan revisi Undang-Undang (UU) Otsus Papua, yang kini dilakukan DPR Papua.

Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda yang memimpin paripurna mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya segera menyerahkan hasil kajian Pansus Otsus, aspirasi warga dan pendapat fraksi fraksi dewan, kepada Pansus revisi UU Otsus Papua di DPR RI.

“Nantinya, aspirasi warga dan pendapat fraksi fraksi dewan akan dilampirkan bersama hasil kajian Pansus Otsus DPR Papua,” kata Yunus Wonda.

Politikus Partai Demokrat itupun mengingatkan Pansus Otsus DPR Papua memperhatikan, mempertimbangkan setiap pendapat dan masukan dari fraksi dewan.

“Apapun aspirasi masyarakat, mau Otsus lanjut, atau menolak Otsus, atau aspirasi merdeka, semua itu akan kami sampaikan. Sudah menjadi tanggung jawab kami melanjutkan aspirasi mereka,” ujarnya.

Dalam paripurna, fraksi yang ada di DPR Papua menyampaikan beragam pendapatnya. Ada di antaranya yang menyetujui revisi akan tetapi dilakukan secara menyeluruh, dengan memperhatikan aspirasi rakyat.

Ada fraksi yang menolak revisi hanya pada Pasal 34 tentang dana Otsus serta Pasal 76 mengenai pemekaran, dan meminta revisi dilakukan sesuai amanat Pasal 77 UU Otsus.

Serta ada fraksi yang meminta Otsus dievaluasi secara menyeluruh, dan kewenangan dalam UU Otsus tidak boleh dikalahkan oleh UU sektoral. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *