Lagi, Belasan Warga yang Tiba di Jayapura Positif Korona

Metro Merauke – Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, kembali menemukan belasan warga yang tiba di sana terkonfirmasi postif korona.

Belasan orang itu dinyatakan positif Covid-19 setelah petugas kesehatan melakukan rapid antigen, saat melaksanakan operasi yustisi terhadap penumpang Kapal Motor (KM) Ciremai. 

Koordinator Penegakkan Hukum Satgas Covid-19 Kota Jayapura, AKBP Supraptono mengatakan, KM Ciremai bersandar di Pelabuhan Jayapura, Jumat dini hari (11/06/2021), dengan membawa 912 penumpang.

“Sebanyak 272 orang diperiksa dengan metode rapid antigen. Hasilnya 15 penumpang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Jayapura itu.

Baca: https://metromerauke.com/2021/06/10/tiba-di-jayapura-18-pelaku-perjalanan-dari-luar-papua-reaktif/

AKBP Suprapto mengatakan, pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif korona, terdiri dari delapan orang berasal dari Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, lima orang dari Jakarta, dan dua penumpang berangkat dari Surabaya.

Menurutnya, dari 15 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, 13 orang dengan tujuan Jayapura, dua lainnya akan melanjutkan perjalanan ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Seluruh penumpang yang positif di data berdasarkan KTP dan surat jalan daerah tujuannya,” ujarnya.

Katanya, dinas kesehatan daerah tujuan akan memonitoring mereka yang positif, agar dapat melakukan isolasi mandiri. 

Menunggu perkembangan kesehatan lebih lanjut dari hasil swab tes dengan metode PCR.

Ia menambahkan, operasi yustisi terhadap pelaku perjalanan dari luar Papua di Pelabuhan Jayapura akan terus dilakukan.

“Ini sebagai upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19, dari para penumpang yang baru datang dari luar Papua,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *