Legislator Papua Upayakan Layanan Bus Damri untuk Warga Keerom

Metro Merauke – Legislator Papua, John NR Gobai berupaya agar ada bus damri yang melayani warga di Kabupaten Keerom.

Ia mengatakan, selama ini warga di sana terutama mama mama padagang asli Papua, kesulitan menjual hasil pertanian dan perkebunannya ke Kota Jayapura, karena terkendala sarana transportasi.

Ketua Kelompok Khusus DPR Papua itu telah melakukan survei ke Kabupaten Keerom, bersama tim Balai Pengelola Transportasi Darat atau BPTD Kementerian Perhubungan, wilayah Papua dan Papua Barat, Rabu (09/06/2021).

“Kami ke Kampung Yanamaa, Pir Satu bersama tim BPTD. Kami kembali melalui jalur Swakarsa atau Arso Satu, ke Arso Empat, Yokiwa dan Yoka,” kata John Gobai usai melakukan survei.

Menurutnya, ia bersama tim BPTD melawati dua jalur berbeda dalam rangka survei kondisi jalan. Nantinya pihak terkait akan mengkaji apakah kondisi jalan memungkinkan dilalui bus Damri.

Katanya, jika hasil survei menyatakan jalur itu dapat dilalui bus, pihak Damri akan mangoperasikan bus miliknya ke dua jalur ini. 

“Makanya kita minta Kementerian PUPR memperbaiki jalan dan jembatan, karena ini jalan yang menghubungan antara kabupaten. Kalau akses jalan baik, dan didukung transportasi akan membantu masyarakat. Apalagi di wilayah itu ada potensi wisata dan pertanian,” ujarnya.

Anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan itu mengatakan, ia telah berupaya mendorong adanya bus Damri yang melayani rute Keerom-Kota Jayapura, sejak 2019 silam.

Ketika itu, ia bersama pihak Perum Damri Jayapura juga melakukan survei ke Kabupaten Keerom.

“Beberapa bulan lalu, Damri Jayapura sudah mengusulkan ke Jakarta dan hari ini, kami kembali melakukan survei bersama BPTD. Kami melihat kondisi jalan, juga jarak tempuhnya,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *