Kemenkominfo Diminta Jamin Akses Internet di Empat Klaster PON

Metro Merauke – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo diminta jamin layanan akses internet di empat klaster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Papua.

Permintaan itu disampaikan Komisi IV DPR Papua, yang membidangi infrastruktur ketika bertemu Dirjen Kemenkominfo, di Jakarta pada Selasa (08/06/2021).Wakil Ketua Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan empat daerah klaster PON itu, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.Menurutnya, jika terjadi gangguan akses internet di klaster penyelenggara, dapat menghambat pelaksanaan event olahraga nasional yang akan digelar awal Oktober 2021 itu.

“Kami minta, mesti ada dukungan penuh dari pusat, dan mereka menyanggupi. Akan mendukung karena PON ini merupakan agenda nasional,” kata Thomas Sondegau melalui panggilan teleponnya, usai pertemuan.

Komisi IV DPR Papua juga meminta Kemenkominfo menjamin agar tak ada lagi gangguan akses internet di Papua. Apalagi saat pelaksanaan PON. Seperti yang terjadi di wilayah Jayapura dan sekitarnya sejak 30 April lalu.

Katanya, dalam pertemuan itu, juga dibahas mengenai gangguan akses internet di wilayah Jayapura dan sekitarnya. 

“Saat kami sedang rapat, internet di Papua aktif. Kita bersyukur upaya kita selama ini membuahkan hasil. Ini artinya Pemprov Papua dan DPR Papua tidak tinggal diam,” ujarnya.

Meski begitu, Kemenkominfo diminta menjelaskan kepada warga Papua penyebab putusanya kabel fiber optik bawah laut yang menyebabkan askes internet di Jayapura dan sekitarnya terganggu.

“Harus ada penjelasan secara resmi dari menteri kepada rakyat Papua agar rakyat Papua bisa tahu. Kementerian yang mesti menjelaskan,” katanya.

Sementara itu, akses internet di wilayah Jayapura perlahan mulai pulih pada Selasa sore. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *