Optimalkan Pelayanan Kapal Perintis, Bakal Dibangun Pelabuhan Rakyat di Bian

Metro Merauke – Angkutan laut menjadi moda transportasi yang vital bagi masyarakat di daerah pedalaman. Moda angkutan laut pun memiliki peran penting dalam distribusi angkutan logistik untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat.

Saat ini trayek kapal perintis untuk melayani masyarakat, rute Merauke-Kimaam-Bian-Buraka-Kumbis-Wanam-Tabonji dan Wantarma telah dibuka.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Fransiskus Anggawen mengatakan, mempertimbangkan hal tersebut, dibutuhkan ketersediaan infrastruktur berupa pelabuhan. Untuk itu, Dinas Perhubungan Merauke telah memprogramkan dibangunnya pelabuhan rakyat demi mengoptimalkan pelayanan kapal perintis bagi masyarakat.

Dikatakan Anggawen, salah satu pelabuhan rakyat yang akan dibangun berada di Bian. “Rencana akan dibangun pelabuhan rakyat di Bian 2. Memang saat ini Bian belum disinggahi, sehingga perlu disiapkan infrastrukturnya (pelabuhan),” katanya kepada wartawan.

Hanya saja, kata Anggawen, pembangunan pelabuhan rakyat belum dapat dilakukan. Sebab terbentur anggaran.

“Kapal perintis dari Kesyahbandaran sudah ada, tinggal tunggu Pemda untuk membangun pelabuhan rakyat. Terkait hal ini kita sudah sampaikan juga ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Daerah Tertinggal untuk membantu mempercepat pembangunan pelabuha,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *